PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PODCAST DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS ULASAN DI KELAS VIII SMPN 17 BANDUNG

Authors

  • Muhamad Fikri Maulana Universitas Pasundan
  • Eggie Nugraha Universitas Pasundan
  • Desti Fatin Fauziyyah Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4098

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: kemampuan peserta didik sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran menyimak teks ulasan yang berfokus pada struktur dan kaidah kebahasaan dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media podcast. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sebelum diterapkan pembelajaran, peserta didik belum mampu dalam menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan, kecuali hanya 2 peserta didik dari kelas eksperimen yang mencapai nilai di atas KKM, sedangkan sisanya masih di bawah KKM sebanyak 27 peserta didik; dan setelah diterapkan pembelajaran, peserta didik sudah mampu dalam menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan, dengan 19 peserta didik dari kelas eksperimen yang mencapai nilai di atas KKM, sementara 10 peserta didik lainnya masih di bawah KKM. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media podcast di kelas VIII SMPN 17 Bandung berhasil menunjukkan perbedaan dan peningkatan hasil belajar peserta didik.

 

Kata-kata Kunci:  Menyimak, Teks Ulasan, Model Problem Based Learning, Podcast

Author Biographies

Muhamad Fikri Maulana, Universitas Pasundan

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung

Eggie Nugraha, Universitas Pasundan

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung

Desti Fatin Fauziyyah, Universitas Pasundan

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung

References

Indriastuti, F., & Saksono, W. T. (2015). Podcast sebagai sumber belajar berbasis audio audio podcasts as audio-based learning resources. Jurnal Teknodik, 18(1), 304–314. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.136

Jaya, I. M., Sadia, I. W., & P, A. B. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi bermuatan pendidikan karakter dengan setting guided inquiry untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–12.

Nugraha, E., & Heriyanto, A. (2020). Pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi dengan metode think pair and share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas X SMAN 6 Bandung tahun pelajaran 2018/2019. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6, 120–138.

Nurhayatin, T., Marlia, & Fauziyyah, D. F. (2018). Implementasi e-comics portable sebagai inovasi media pembelajaran bahasa Indonesia. Pesona, 4, 1–12.

Permendikbud No. 37 Tahun 2018 mengenai KI dan KD.

Prasetyani, N. F., & Suahrtono. (2021). Penerapan media film dalam pembelajaran penulisan teks ulasan di kelas VIII Wustha Subulussalam Surabaya tahun 2020/2021. Bapala, 8, 20–27.

Prasetyo, A. F., & LubisFitriani. (2020). Pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan puisi. Jurnal Education and Development, 8, 7–11.

Prihatin, Y. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Sastranesia, 5, 45–52.

Rahman, U. (2018). Meningkatkan pemahaman kelas VII SMP Amalia Palu dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada pemberian tugas yang memuat problem posing secara berkelompok. Journal of Pedagogy, 1, 169–179.

Rahman, Widya, R. N., & Yugatiati, R. (2019). Menyimak & berbicara. Teori dan praktik. Alqaprint.

Restiningsih, D., Hartono, & Kartono. (2016). Peningkatan keterampilan menyimak melalui penerpan model problem based learning (pbl). Didaktika Dwija Indria.

Satria, T. G. (2017). Meningkatkan keterampilan menyimak melalui pendekatan saintifik pada anak kelas IV Jakarta Barat. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Siregar, N. Y., & Ini, R. (2018). Kemampuan mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Medan tahunpembelajaran 2017/2018. Basastra, 7(2), 128. https://doi.org/10.24114/bss.v7i2.10065

Sugeng, B. (2022). Fundamental metodologi penelitian kuantitatif (eksplanatif). Deepublish Publisher.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Penerbit Alfabeta.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Перспективы науки и образования, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica, 2, 45–57.

Ulandari, A., Nurulanningsih, & Nurchalidin. (2022). Penggunaan media podcast dalam pembelajaran mengubah teks cerpen menjadi teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 3(2), 55–66. http://univ-tridinanti.ac.id/ejournal/index.php/didactiquebahasa/article/view/930

Widyaningrum, H. K. (2015). Penggunaan media audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum, 5(2), 200–209.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Maulana, M. F., Nugraha, E., & Fauziyyah, D. F. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PODCAST DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS ULASAN DI KELAS VIII SMPN 17 BANDUNG. Jurnal Pendidikan, 32(2), 263–282. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4098

Issue

Section

Artikel