PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PODCAST DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS ULASAN DI KELAS VIII SMPN 17 BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4098Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: kemampuan peserta didik sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran menyimak teks ulasan yang berfokus pada struktur dan kaidah kebahasaan dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media podcast. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sebelum diterapkan pembelajaran, peserta didik belum mampu dalam menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan, kecuali hanya 2 peserta didik dari kelas eksperimen yang mencapai nilai di atas KKM, sedangkan sisanya masih di bawah KKM sebanyak 27 peserta didik; dan setelah diterapkan pembelajaran, peserta didik sudah mampu dalam menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan, dengan 19 peserta didik dari kelas eksperimen yang mencapai nilai di atas KKM, sementara 10 peserta didik lainnya masih di bawah KKM. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media podcast di kelas VIII SMPN 17 Bandung berhasil menunjukkan perbedaan dan peningkatan hasil belajar peserta didik.
Kata-kata Kunci: Menyimak, Teks Ulasan, Model Problem Based Learning, Podcast
Downloads
References
Indriastuti, F., & Saksono, W. T. (2015). Podcast sebagai sumber belajar berbasis audio audio podcasts as audio-based learning resources. Jurnal Teknodik, 18(1), 304–314. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.136
Jaya, I. M., Sadia, I. W., & P, A. B. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi bermuatan pendidikan karakter dengan setting guided inquiry untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–12.
Nugraha, E., & Heriyanto, A. (2020). Pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi dengan metode think pair and share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas X SMAN 6 Bandung tahun pelajaran 2018/2019. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6, 120–138.
Nurhayatin, T., Marlia, & Fauziyyah, D. F. (2018). Implementasi e-comics portable sebagai inovasi media pembelajaran bahasa Indonesia. Pesona, 4, 1–12.
Permendikbud No. 37 Tahun 2018 mengenai KI dan KD.
Prasetyani, N. F., & Suahrtono. (2021). Penerapan media film dalam pembelajaran penulisan teks ulasan di kelas VIII Wustha Subulussalam Surabaya tahun 2020/2021. Bapala, 8, 20–27.
Prasetyo, A. F., & LubisFitriani. (2020). Pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan puisi. Jurnal Education and Development, 8, 7–11.
Prihatin, Y. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Sastranesia, 5, 45–52.
Rahman, U. (2018). Meningkatkan pemahaman kelas VII SMP Amalia Palu dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada pemberian tugas yang memuat problem posing secara berkelompok. Journal of Pedagogy, 1, 169–179.
Rahman, Widya, R. N., & Yugatiati, R. (2019). Menyimak & berbicara. Teori dan praktik. Alqaprint.
Restiningsih, D., Hartono, & Kartono. (2016). Peningkatan keterampilan menyimak melalui penerpan model problem based learning (pbl). Didaktika Dwija Indria.
Satria, T. G. (2017). Meningkatkan keterampilan menyimak melalui pendekatan saintifik pada anak kelas IV Jakarta Barat. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Siregar, N. Y., & Ini, R. (2018). Kemampuan mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Medan tahunpembelajaran 2017/2018. Basastra, 7(2), 128. https://doi.org/10.24114/bss.v7i2.10065
Sugeng, B. (2022). Fundamental metodologi penelitian kuantitatif (eksplanatif). Deepublish Publisher.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Penerbit Alfabeta.
Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).
Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.
Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).
Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.
Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.
Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Перспективы науки и образования, (2 (62)), 307-329.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.
Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica, 2, 45–57.
Ulandari, A., Nurulanningsih, & Nurchalidin. (2022). Penggunaan media podcast dalam pembelajaran mengubah teks cerpen menjadi teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 3(2), 55–66. http://univ-tridinanti.ac.id/ejournal/index.php/didactiquebahasa/article/view/930
Widyaningrum, H. K. (2015). Penggunaan media audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum, 5(2), 200–209.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.