Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Painan

Authors

  • Alsa Sintia Universitas Negeri Padang
  • Syahrul Ramadhan Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain one group pretest-posttesti. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII 6 SMPN 1 Painan yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa rata-rata hasil posttest siswa sebesar 82,69, yang menunjukkan adanya peningkatan dari rata-rata pretest. Hasil uji hipotesis  menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hal itu menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Painan.

 

Kata-kata Kunci:  Membaca Pemahaman, Kooperatif Tipe CIRC, Teks Deskripsi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, M. R. (2017). The Impact of Motivation on Reading Comprehension. International Journal of Research in English Education, 1–7. www.ijreeonline.com

Anggia Nastitie Ariawan, V., & Tri Utami, N. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Circ Berbantuan Media Cetak. Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 95–104. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad

Bulut, A. (2017). Improving 4th Grade Primary School Students’ Reading Comprehension Skills. Universal Journal of Educational Research, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050103

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria, 6(3), 217–230.

Eliantari, N. P. R., Kristiantari, MG. R., & Sujana, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Circular Card Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 4(1), 23–33.

Febriyanto, B. (2016). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 42–57.

Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 11–22. https://jurnal.uns.ac.id/jdc

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Husnalia, H., & Afnita. (2019). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 33 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(3), 131–140.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.

Kesumadewi, D. A., Agung, A. A. G., & Rati, N. W. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Mimbar PGSD Unidksha, 8(2), 303–314.

Kholiq, A., & Luthfiyati, D. (2020). Tingkat Membaca Pemahaman Siswa SMA Kabupaten Lamongan. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4, 17–32. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index

Mariadeni, K. E., Suarni, N. K., & Putrayasa, I. B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Dan Hasil Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 48–58.

Melinia, S., Saputra, H. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Keterampilan Membaca Pemahaman. Journal Of Classroom Action Research, 4(3), 158–163.

Mulyani, S., Sudiyana, B., & Suwarto, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Jigsaw, Dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI Gugus Pangeran Diponegoro. Jurnal Pendidikan, 31(3), 333. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2852

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al-Daulah, 5(2), 352–376.

Putri, P. N. A. K., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158–166.

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan CIRCular Card terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Basicedu, 4(3), 662-672.

Rohmah, F. B. (2019). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV-A pada Mata Pelajaran Fiqih Pokok Bahasan dan Sedekah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 2(2), 76–90.

Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viismpnegeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 292–302. https://doi.org/10.33369/JIK.V4I3.13100

Sarika, R., Gunawan, D., & Mulyana, H. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di Sd Negeri 1 Sukagalih (Vol. 01, Issue 02).

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Перспективы науки и образования, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Syarifudin, F. (2020). Pengaruh Minat Baca Dan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas Vii Smpn 2 Margaasih Kabupaten Bandung. 132 Wistara, III (2), 132–145. http://library.um.ac.id/,

Wahyuningsih, A., & Citraningrum, M. (2019). The Effectiveness of The Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) and Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) on Reading Comphrehension Skill. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(1), 26–36. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i1.7383

Yunus, M. Y., & Machmury, A. (2019). Analisis Korelasi Antara Kebiasaan Membaca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IX SMP Kemala Bayangkari Makassar. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(1), 14. https://doi.org/10.35329/fkip.v15i1.311

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Sintia, A., & Ramadhan, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Painan. Jurnal Pendidikan, 32(2), 339–346. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4126

Issue

Section

Artikel