Problematika Implementasi Merdeka Belajar di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 6 Tahunan

Authors

  • Andre Adriansyah Fikri Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara
  • khanifa Lailatul faiza Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara
  • Zahwa Rizqi Aulia Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara
  • Muhammad Nofan Zulfahmi Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4165

Abstract

Penelitian ini mengetahui dan menelaah tentang "Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah  Penggerak SDN 6 Tahunan Kota Jepara”. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang melihat dan mendengar lebih dekat dan terperinci penjelasan dan pemahaman tentang pengalaman-pengalamannya.  Penelitian dilaksanakan di SDN 6 Tahunan. Informasi dalam penelitian ini adalah guru, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu: a. observasi, b. wawancara dan c. dokumentasi. Dari hasil penelaahan dalam penelitian ini ditemukan adanya kurikulum merdeka yang menjadi acuan di sekolah penggerak, yang menghasilkan siswa yang berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong royong. Kepala sekolah mendorong berbagai macam program partisipatif, unik, dan banyak inovasi. Memupuk kerja sama dengan guru-guru yang mendukung pemimpinnya berpartisipasi dalam mewujudkan sekolah penggerak dengan mengimplementasikan merdeka belajar.

 

Kata-kata Kunci: Implementasi, Problematika, Merdeka Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barlian, Ujang Cepi, Siti Solekah, and Puji Rahayu. 2022. "Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan." JOEL : Journal of Educational and Language Research 1: 2105-2118.

Kemendikbudristek. 2021. Presentasi Sosialisasi Kurikulum Merdeka. Jakarta : Kemendikbudristek

Kurniawan, N. A., Saputra, R., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. (2020). Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 104–109. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.576

Koesoema, D. A. (2020). Merdeka Belajar. KOMPAS, 25 Februari, 6.

Kogabayev, T., & Maziliauskas, A. (2017). The Definition and Classification of Innovation. HOLISTICA –Journal of Business and Public Administration, 8(1), 59–72. https://doi.org/10.1515/hjbpa-2017-0005

Lao, H. A. E., & Hendrik, Y. Y. C. (2020). Implementasi Kebijakan Kemerdekaan Belajar Dalam Proses Pembelajaran Di Kampus IAKN Kupang-NTT. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 201–209.

Lie, A. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kebahagiaan. KOMPAS 1 Pebruari, 6.

Mahendra, A. O. Y. (2020). Musik Keroncong Sebagai Implementasi Konsep Merdeka Belajar (Studi Kasus Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android). Seminar Nasional Seni Dan Desain: “Reorientasi Dan Implementasi Seni Rupa Dan Desain Dalam Konteks Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka,” 33–41. https://proceedings.sendesunesa.net/id/publications/333142/musikkeroncong-sebagai-implementasi-konsep-merdeka-belajar

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Narayanan, S. (2017). A Study on the Relationship Between Creativity and Innovation in Teaching and Learning Methods towards Students Academic Performance at Private Higher Education Institution, Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(14), 1– 10. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i14/3647

Oishi, I. R. V. (2020). Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Peserta Didik di Perguruan Tinggi. IKRA-ITH Humaniora, 4(2), 50–55. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraithhumaniora/article/download/555/407/

Priatma, J. E. (2020). Merdeka Berpikir. KOMPAS 6 Pebruari, 6

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. UrbanGreen Proceeding: Konferensi Nasional Pendidikan I, 1, 183–190. https://urbangreen.co.id/proceeding/index.php/library/article/view/33

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Перспективы науки и образования, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Fikri, A. A., faiza, khanifa L., Aulia, Z. R., & Zulfahmi, M. N. (2023). Problematika Implementasi Merdeka Belajar di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 6 Tahunan. Jurnal Pendidikan, 32(2), 329–338. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4165

Issue

Section

Artikel