Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas

Authors

  • Resti Febri Novita Universitas Negeri Padang
  • Ermawati Arief Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihata apakah model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan jenis desain one group pretest-posttest. Sampel dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII 6 SMA Negeri 2 Batang Kapas yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata posttest siswa sebesar 76,36, yang meningkat dari rata-rata pretest. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hal itu menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis teks puisi kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas.

References

Bu’ulolo, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Berbasis Literasi Media Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lolomatua. Universitas Negeri medan.

Ekowati, S. W., Suyanto, E., & Samhati, S. (2013). Keefektifan Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Sman 1 Waylima. Jurnal J-Simbol (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1(2), 1–9.

Husna, H., & Pinem, K. (2011). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Pengajaran Multimedia Dengan Pengajaran Konvensional Pada Materi Iklim Global Di Kelas X SMA N 1 Seruway Kabupaten Aceh Tamiang T. Jurnal Geografi, 3(2), 83–93.

Layal, N., Effendi, D., & Puspita, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Islam Az-Zahrah Palembang. INDONESIAN RESEARCH JOURNAL ON EDUCATION, 2(3), 1160–1167. https://doi.org/10.31004/IRJE.V2I3.127

Mulyani, S., Sudiyana, B., & Suwarto, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Jigsaw, Dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI Gugus Pangeran Diponegoro. JURNAL PENDIDIKAN, 31(3), 333. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2852

Nugroho, L. P. A. (2021, July 21). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Pembelajaran Daring, Bagaimanakah? https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/penerapan-model-pembelajaran-inkuiri-pada-pembelajaran-daring-bagaimanakah/

Pasaribu, A. L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks oleh Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Siantar Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2014/2015. Universitas Negeri Medan.

Pebriana, P. H. (2018). Penerapan Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Anak pada Siswa Kelas III SDN 030 Bagan Jaya. Jurnal Basicedu, 2(1), 148–153. http://stkiptam.ac.id/indeks.php/basicedu

Ruslan, & Nazriani. (2019). PELATIHAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VI SDN 1 BAUBAU. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 64–71.

Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. In Kencana Prenada Media Group. Kencana. https://books.google.com/books/about/Media_Komunikasi_Pembelajaran.html?hl=id&id=wiBQEAAAQBAJ

Sari, G. N. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Islahuddiniyyah Ceger Tangerang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Fadhilatin, S. N., Priyadi, A. T., & Madeten, S. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X. Journal on Teacher Education, 4(4), 45–54.

Syahputri, N., Yelli, P., & Sitepu, D. R. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Swadaya Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(2), 73–80.

Yunus, M. (2018). Pengaruh Model Inkuiri terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Surat Pribadi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Novita, R. F., & Arief, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas. Jurnal Pendidikan, 32(2), 321–328. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4181

Issue

Section

Artikel