Nilai Pendidikan Karakter Dalam Antologi Cerkak Aku, Dasamuka, Lan Sengkuni Karya Parpal Poerwanto: Tinjauan Semiotik Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Negeri Polokarto 01
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.481Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Struktur Cerita pada Antologi Cerpen “Aku, Dasamuka, lan Sengkuni” (2) Nilai Pendidikan Karakter pada Antologi Cerpen “Aku, Dasamuka, lan Sengkuni”, dan (3) Implementasinya nilai pendidikan karakter pada studi literatur di SDN POLOKARTO. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, sumber utama yang terdiri dari teks antologi cerpen “Aku, Dasamuka, lan Sengkuni”. Sumber data adalah antologi cerpen dari buku “Aku, Dasamuka lan Sengkuni”, buku Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, silabus, rencana pelajaran, guru jawa, dan siswa. Teknik analisis data adalah pembacaan semiotik bacaan heuristik dan hermeneutika. Hasil penelitian ini adalah: (1) Analisis struktur pada Antologi Cerpen “Aku, Dasamuka, lan Sengkuni” adalah: a) menggunakan plot progresif, b) menggunakan , kaki tangan, protagonis, antagonis, dan karakter netral, c) menggunakan latar belakang tempat, waktu dan latar belakang sosial, d) menggunakan orang pertama utama, orang pertama kaki, orang ketiga terbatas, dan sudut pandang orang ketiga terbatas, e) menggunakan idiom atau gaya frase, f) menggunakan nada datar dan regangan, g) menggunakan simbol seperti landhep dhengkul, karung nglumpruk, kamsum, Dasamuka lan Sengkuni, dan nomor polisi; (2) Karakter yang termasuk dalam cerita pendek, Aku, Dasamuka, dan Sengkuni adalah: (a) religius, (b) jujur, (c) toleran, (d) bertanggung jawab, (e) ingin tahu, (f) persahabatan /komunikatif. (3) Pelaksanaan penelitian ini untuk studi literatur scool SMP: berdasarkan kurikulum KTSP Bahasa Jawa (2006), bahan yang dibangun berdasarkan pada indikator bahwa siswa dapat menjangkau mereka dengan memperhatikan kemampuan siswa yang diterima dalam budaya Jawa. Pertama, merancang rencana pelajaran untuk pembelajaran. Rencana pelajaran dibuat berdasarkan silabus. Berkenaan dengan kurikulum, surat cerita pendek leraning adalah siswa di kelas lima semester kedua berdasarkan kompetensi pemahaman teks cerita pendek. Nilai-nilai pendidikan karakter adalah: (a) religius, (b) jujur, (c) toleran, (d) bertanggung jawab, (e) rasa ingin tahu dan (f) persahabatan / komunikatif.Downloads
References
Kurikulum KTSP (2006) Bahasa Jawa SD Negeri Polokarto 01 Kecamatan Polokarto
Kabupaten Sukoharjo.
Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan
Bahasa. Solo: CakraBooks.
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah Kurikulum KTSP.
(2011). Jakarta: Mini Jaya Abadi.
Pradopo, Rachmat Djoko. (2011). Prinsip-Prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Prinsip-Prinsip Kritik Sastra.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Samani, Muchlas & Hariyanto. (2014). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.
Bandung: Remaja Rosda Karya.
Stanton, Robert. (2012). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.