Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Materi Gaya pada Siswa Kelas V SDN Kalijoso TahunPelajaran 2018/2019

Authors

  • . Oktaviana Guru Kelas SD Negeri Kalijoso Secang Magelang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.489

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan  pembelajaran IPA materi gaya melalui penerapan model inkuiri terbimbing dengan media benda konkret pada siswa kelas V SDN Kalijoso. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kalijoso yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif deskripsi yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan berbagai model pembelajaran namun guru belum melibatkan keaktifan siswa secara penuh. Penggunaan media terbatas menggunakan media yang bersifat abstrak seperti gambar sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran serta pemahaman terhadap materi menjadi sangat kurang. Hasil belajar siswa rata-rata 54,71 dari KKM yang ditentukan adalah 75. Simpulannya pembelajaran IPA materi gaya masih kurang maksimal dan hasil belajar siswa pun rendah sehingga perlu perbaikan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dengan media konkret.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Metode dan Aplikasi. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Arikunto, A., Suhardjono, & Supardi.(2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta PT Bumi

Aksara.

Asyhar, H. R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung

Persada Pers.

Budiningsih, C. A. (2008). Pembelajaran Moral: Berpijak pada Karakteristik Siswa dan

Budayanya. Jakarta: Asdi Mahasatya

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Jihad, A. &Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Pressindo

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., &Rahardjoto. (2008). Media Pendidikan.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan

Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sapriati, A., dkk. (2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

Oktaviana, . (2020). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Materi Gaya pada Siswa Kelas V SDN Kalijoso TahunPelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 28(3), 281–288. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.489

Issue

Section

Artikel