Penguatan Nilai Karakter Kepedulian Melalui Kegiatan Kerja Bakti Bagi Siswa SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.493Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan nilai karakter kepedulian melalui kegiatan kerja bakti bagi siswa Kelas V dan VI SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa dan Guru Kelas V dan VI SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Valditas data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdiri dari 4 tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan vrifikasi data. Hasil penelitian, berdasarkan hasil pengamatan dilapangan ditemukan adanya hal-hal sebagai berikut: kerja sama siswa kelas V dan VI dirasakan sangat kurang hal ini dibuktikan dengan kurang adanya kerja sama dalam membersihkan kebersihan kelas dan lingkungan sekolah, kebersihan kamar mandi serta kebersihan-kebersihan yang lainnya, kepedulian siswa kelas V dan VI juga kurang hal ini dibuktikan dengan kurang pedulinya adanya siswa yang sakit, membiarkan temannya mengatur meja dan kursi sendiri, membiarkan papan tulis kotor, membiarkan krans air PAM mengalir, membiarkan lampu kelas menyala pada pagi hingga siang hari, membiarkan kapur berserakan di lantai. Hasil wawancara dengan siswa dan guru kelas V dan VI diperoleh informasi kurangnya rasa kepedulian siswa karena faktor lingkungan pergaulan, lingkungan keluarga, kurangnya keteladanan dari guru. Simpulannya bahwa nilai karakter kepedulian siswa kelas V dan VI SD negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo dirasakan lemah karena itu perlu diberikan penguatan. Salah satu penguatannya dapat dilakukan dengan kegiatan kerja bakti di sekolah yang dilakukan setiap hari jumat dari jam 07.00-09.00, sehingga setiap hari jumat dinamakan hari jumat bersih.
Downloads
References
Akhmal. (2028). Makalah (tidak dipublikasikan) Mendidikan nilai kepedulian melalui kegiatan kerja bakti bagi masyarakat Desa
Bahtiar. (2017). makalah (Tidak dipublikasikan) menyandingkan antara kerja bakti dengan gotong royong suatu kajian sosiologis
Ishaq, Ibnu. (213). Sirah Nabawiyah. Jakarta: Akbar Media.
Juwariyah. (2008). Pendidikan Moral Dalam Puisi Imam Syafi’I dan Ahmad Syauqi. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.
Jujuk R, (2018). Kerja bakti antara harapan dan kenyataan di era global, Seminar nasional
Lickona, Thomas. (2013). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Bandung: Nusa Media.
Majid, Abdul.. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Rohmat. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Musaheri. (2005). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muslich, Mansur. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Naim, Ngainun (2012). Character Building. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Narwati, Sri. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.
Penyusun, Tim. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa DEPDIKNAS.
Poerwadarminta,WJS. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Qardhawi, Yusuf. (2013). Shadaqah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ramayulis. (1994). Ilmu Pendidikan Islam. Sumatera: Kalam Mulia.
Shaleh, Muwafik. (2012). Membangun Karakter dengan Hati Nurani. Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.