Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Belejar Sebelum Ujian sebagai Variabel Moderator Siswa Jurusan Akuntansi SMK PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Sukarni karni Universitas Islam Riau
  • Putri Wulandini Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5631

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Cara belajar akan dilihat dari cara belajar dirumah, cara belajar di sekolah dan cara  belajar bersama sama teman sarta  cara belajar menghapi ujian  pada mata pelejaran Akuntansi di SMK PGRI Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian   kuantitatif eksplanasi. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas X dan XI AK SMK PGRI Pekanbaru dengan jumlah 140 orang, sedangkan sampelnya dihitung menggunakan rumus Slovin  sehingga diperoleh jumlah sampel  103 orang.  Adapun teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Sedangkan untuk pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Analisis hipotesis yang digunakan adalah regresi berganda dengan memefaatkan SPSS. Hasil penelitian diperoleh  adalah Pengaruh langsung  belajar di rumah terhadap hasil belajar  sebesar 0,150 dan pengaruh tidak  langsung  belajar di rumah terhadap hasil belajar  sebesar 0,075, maka memiliki arti bahwa pengaruh tidak langsung lebih kecil dibandingkan dengan pengaruh langsung. Dapat disimpulkan bahwa belajar di rumah secara tidak langsung terhadap hasil belajar tidak berpengaruh secara siknifikan.  Pengaruh langsung  belajar di rumah terhadap hasil belajar  sebesar 0, 476 . Sedangkan pengaruh tidak langsung  belajar di sekolah terhadap hasil belajar adalah 0,193arti bahwa pengaruh tidak langsung lebih kecil dibandingkan dengan pengaruh langsung. Dapat disimpulkan bahwa belajar di sekolah  secara tidak langsung terhadap hasil belajar tidak berpengaruh secara siknifikan,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1).

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Downloads

Published

2024-11-01

How to Cite

Sukarni karni, & Wulandini, P. (2024). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Belejar Sebelum Ujian sebagai Variabel Moderator Siswa Jurusan Akuntansi SMK PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan, 33(3), 669–678. https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5631

Issue

Section

Artikel