Apakah Melalui Media AudioVisual dan Metode STAD (Students Teams Achievement Division) dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Knowledge and Writing Sklil) Teks Recount Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017?

Authors

  • S Sumardi

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil prestasi dalam keterampilan menulis  teks recount kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan Audio visual dan metode STAD. Manfaat penelitian, 1) bagi siswa untuk meningkatkan motivasi dan prestasi, terutama keterampilan menulis, 2) bagi guru sebagai solusi masalah terhadap kesulitan siswa khususnya menulis teks bahasa Inggris. Disamping itu, bisa dugunakan untuk meningkatkan kreativitas dan keprofesionalan guru melalui metode dan model pembelajaran inovasi, sehingga tujuan pembelajaran bisa dicapai secara maksimal, 3) bagi penelitian referensi untuk memecahkan masalah pembelajaran khususnya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa. Hal tersebut ditunjukkan dalam persentase siklus I, pengetahuan dari 26,6% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II, hasil keterampilan dari 33,3%  menjadi 86,6% pada silkus II, dan sikap dari 90% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil di atas, bisa disimpulkan bahwa Audi visual dan metode STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi dalam keterampilan menulis teks recount kelas X IPS 2 semester 1 SMA Negeri 1 Gemolong.

References

Arikunto, Suharsini. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar Arsyad, (2000). Media Pengajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Byrne.1988, Writing with Purpose, New York: Houghton Miffin.

Elliot, John. (1981). Action Research for Educational Change. Buckingham: Open University Press.

Eric Gould, Robert DiYanni, dan William Smith (1989). Teaching by Principles, San Francisco: San Francisco State University

Helena, M. (2008). A Brief Introduction to Genre. Semarang: Unnes Press.

Kemmis,S., and Mc Taggart, R. 1990. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Muhsidi. (2015). Penggunaan CD Modul Interaktif untuk Meingkatkan Hasil Belajar Akuntansi Materi Jurnal Khusus pada Perusahaan Dagang bagi Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Klego Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012. JURNAL PENDIDIKAN. LPPM,Univet Sukoharjo,Volume 24 Nomor 1 Maret 2015,Hal:25-38.

Nugroho, U. dkk. (2009). “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Ketrampilan Proses” dalam Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Diakses 20 April 2016 dalam http//www.pembelajaran kooperatif.go.com

Rintang Puji A. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ‘Think Pair Share’ (TPS) pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Sukoharjo Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. JURNAL PENDIDIKAN. LPPM,Univet Sukoharjo, Volume 27 Nomor 3 Nopember 2018, Hal: 333–344.

Sumardi. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan ‘Speaking’ dalam Teks ‘Recount’ dengan Menggunakan Model Talking Stick kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. JURNAL PENDIDIKAN. LPPM,Univet Sukoharjo, Volume 28 Nomor 1 Maret 2019, Hal: 71 - 80.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Sumardi, S. (2020). Apakah Melalui Media AudioVisual dan Metode STAD (Students Teams Achievement Division) dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Knowledge and Writing Sklil) Teks Recount Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017?. Jurnal Pendidikan, 29(1), 21–36. https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.598

Issue

Section

Artikel