Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kecepatan Kelas V SDN 4 Kemujan Kecamatan Karimunjawa Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • S Sudarmaji

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.599

Abstract

Masalah yang ingin dipecahkan dalam Penelitian Tindakan Kelas; ”Bagaimanakah keefektifan  model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar Matematika materi kecepatan pada siswa kelas V SDN 4 Kemujan  Kecamatan Karimunjawa semester I tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 4 Kemujan  Kecamatan Karimunjawa semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan di SDN 4 Kemujan Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara semester I tahun pelajaran 2019/2020. Obyek penelitian peserta didik kelas V. Lokasi di SDN 4 Kemujan Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara, karena peneliti merupakan Kepala SDN 4 Kemujan. Pelaksanaan penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC.Tanggart berupa siklus spiral yang terdiri dari 4 tahap: (1) perencanaan tindakan kelas, (2) pelaksanaan tindakan kelas, (3) observasi tindakan kelas, dan (4) refleksi, yang diikuti siklus spiral berikutnya. Penerapan model pembelajaran Index Card Match membawa dampak berupa meningkatnya hasil belajar dan prestasi belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat hasil pada prasiklus yang tuntas 10 siswa (52,63%) dan yang belum tuntas 9 siswa (47,37%). Nilai rata-rata kelas 65,79. siklus I pertemuan 1 yang tuntas 12 siswa (63,16%). Nilai rata-rata kelas 69,47. Siklus 1 pertemuan 2 terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 10,52%  dari 63,16%  siklus I pertemuan 1 menjadi 73,68%  siklus I pertemuan 2. Siswa yang tuntas 14 siswa (73,68%). Siklus II pertemuan 1 hasil prestasi belajar siswa meningkat 5,27% dari 73,68% siklus I pertemuan 2 menjadi 78,95% siklus II pertemuan 1. Siklus II pertemuan 2 hasil prestasi belajar  siswa meningkat  sebesar 15,79% dari  78,95%  siklus II pertemuan 1 menjadi 94,74% siklus II pertemuan 2. Siswa yang tuntas 18 siswa ( 94,74%) dan  yang belum tuntas 1 siswa ( 5,26%). Nilai rata -rata kelas 78,95. 

References

Damayanti & Moedjiono. (2007). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:Rienaka Cipta.

Gede, Agung A. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP.

Kumalasari Azmi, Dkk. (2015). Penggunaan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Karonglo, Klateng Selatan, Jurnal Pendidikan.

Melvin Silberman. (2006). Active Learning 101 Cara Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

________________.(2016). Dokumen Silabus Mata Pelajaran Matematika, Jakarta : Kemendikbud.

Oemar, Hamalik. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumardi, Suryasubrata. (1995). Meningkatkan Efektifitas Mengajar. Jakarta Pustaka Jaya.

Sundayana, Rostina. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA.

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Dan Proses Belajar Mengajar, Bandung; Sinar Baru Algensindo.

Suwarni Al Suawrtiani. (2017). Metode Index Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mapel IPS Kelas VI SD: Jurnal Pendidikan:Riset &Konsptual http://journal unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/riset…konseptual:vol.1 no.1. Oktober 2017.

Yuniantika Defi. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Ieningkatkandek Card Match Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Wirakuta Yogyakarta:Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.Vol.4.nomor 2.Januari 2018 halaman 347-352.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Sudarmaji, S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kecepatan Kelas V SDN 4 Kemujan Kecamatan Karimunjawa Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 29(1), 37–44. https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.599

Issue

Section

Artikel