Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kecepatan Kelas V SDN 4 Kemujan Kecamatan Karimunjawa Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.599Abstract
Masalah yang ingin dipecahkan dalam Penelitian Tindakan Kelas; ”Bagaimanakah keefektifan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar Matematika materi kecepatan pada siswa kelas V SDN 4 Kemujan Kecamatan Karimunjawa semester I tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 4 Kemujan Kecamatan Karimunjawa semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan di SDN 4 Kemujan Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara semester I tahun pelajaran 2019/2020. Obyek penelitian peserta didik kelas V. Lokasi di SDN 4 Kemujan Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara, karena peneliti merupakan Kepala SDN 4 Kemujan. Pelaksanaan penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC.Tanggart berupa siklus spiral yang terdiri dari 4 tahap: (1) perencanaan tindakan kelas, (2) pelaksanaan tindakan kelas, (3) observasi tindakan kelas, dan (4) refleksi, yang diikuti siklus spiral berikutnya. Penerapan model pembelajaran Index Card Match membawa dampak berupa meningkatnya hasil belajar dan prestasi belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat hasil pada prasiklus yang tuntas 10 siswa (52,63%) dan yang belum tuntas 9 siswa (47,37%). Nilai rata-rata kelas 65,79. siklus I pertemuan 1 yang tuntas 12 siswa (63,16%). Nilai rata-rata kelas 69,47. Siklus 1 pertemuan 2 terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 10,52% dari 63,16% siklus I pertemuan 1 menjadi 73,68% siklus I pertemuan 2. Siswa yang tuntas 14 siswa (73,68%). Siklus II pertemuan 1 hasil prestasi belajar siswa meningkat 5,27% dari 73,68% siklus I pertemuan 2 menjadi 78,95% siklus II pertemuan 1. Siklus II pertemuan 2 hasil prestasi belajar siswa meningkat sebesar 15,79% dari 78,95% siklus II pertemuan 1 menjadi 94,74% siklus II pertemuan 2. Siswa yang tuntas 18 siswa ( 94,74%) dan yang belum tuntas 1 siswa ( 5,26%). Nilai rata -rata kelas 78,95.
Downloads
References
Damayanti & Moedjiono. (2007). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:Rienaka Cipta.
Gede, Agung A. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP.
Kumalasari Azmi, Dkk. (2015). Penggunaan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Karonglo, Klateng Selatan, Jurnal Pendidikan.
Melvin Silberman. (2006). Active Learning 101 Cara Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.
________________.(2016). Dokumen Silabus Mata Pelajaran Matematika, Jakarta : Kemendikbud.
Oemar, Hamalik. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumardi, Suryasubrata. (1995). Meningkatkan Efektifitas Mengajar. Jakarta Pustaka Jaya.
Sundayana, Rostina. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA.
Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Dan Proses Belajar Mengajar, Bandung; Sinar Baru Algensindo.
Suwarni Al Suawrtiani. (2017). Metode Index Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mapel IPS Kelas VI SD: Jurnal Pendidikan:Riset &Konsptual http://journal unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/riset…konseptual:vol.1 no.1. Oktober 2017.
Yuniantika Defi. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Ieningkatkandek Card Match Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Wirakuta Yogyakarta:Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.Vol.4.nomor 2.Januari 2018 halaman 347-352.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.