Penerapan Pendekatan Komunikatif untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Keterampilan Berbicara Materi Debat Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • . Giyono

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.600

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menjelaskan pelaksanaan model pembelajaran pendekatan komunikatif dan dengan penerapan model pembelajaran tersebut untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan  berlatih praktik debat pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gemolong. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus  terdiri dari  perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Gemolong pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Sumber data diperoleh dari guru, siswa, tempat, dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran dan dokumentasi. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan penelitian kelas, rata-rata kemampuan siswa berlatih praktik debat mendapat skor kurang memuaskan, setelah diadakan siklus I mendapat  skor rata-rata 73,17 dan setelah siklus II rata-rata mendapat skor 84,15, Sementara aktivitas siswa dalam pembelajaran  berlatih praktik debat juga meningkat setiap pertemuan pada siklusnya, siklus I rata-rata 70, siklus II rata-rata 95. Berdasarkan hasil observasi kinerja guru juga mengalami peninglatan sehingga hal tersebut mempengaruhi kemampuan berlatih praktik debat pada siswa  kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gemolong. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan komunikatif  dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan   berlatih praktik debat pada siswa  Kelas X IPS 1 Semester 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

Aqib, Zainal. (2013). Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widia.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, Mohammad. (2008). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Azies, dan Alwasilah. (1996). Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djiwandono, M. Soenardi. (1996). Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB Bandung

Giyono. (2019). Penerapan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menganalisis Teks Negosiasi Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan. Volume 28 Nomor 1, Maret 2019. 1-16. Sukoharjo : LPPM Univet Bantara Press.

Hymes, Dell. (1974). Foundations in Socialinguistics : An Ethnographic Approach. Philadelphia: Universtity of Pennesylvania Press.

Syafi’i, Imam. (1996). Terampil Berbahasa Indonesia I Petunjuk Guru Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, Henry Guntur. (1986). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Triman. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes melalui Permainan Kasbol pada Siswa Kelas IV SD N Bulakrejo 01 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017.Jurnal Pendidikan. Volume 26 Nomor 2. Juli 2017. 215-224. Sukoharjo : LPPM Univet Bantara Press.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Giyono, . (2020). Penerapan Pendekatan Komunikatif untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Keterampilan Berbicara Materi Debat Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 29(1), 45–56. https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.600

Issue

Section

Artikel