Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Materi Perubahan Sosial Budaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match Pada Siswa Kelas IXA SMP Veteran 1 Manyaran Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • . Waryana

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.601

Abstract

Tujuan penelitian ini:  (1). Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran  Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan minat siswa pada mata Pelajaran IPS pada siswa kelas IXA semester 1 SMP Veteran 1 Manyaran Tahun Pelajaran 2018/2019. (2). Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran kooperatif tipe Make A Match  dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Kelas IXA dalam mata pelajaran IPS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Make A Match  mampu meningkatkan minat siswa dari prosentase minat belajar pra siklus sebesar 52,40% meningkat pada siklus I menjadi 70,02%, dan pada siklus kedua menjadi 80,83%. Bahwa Metode pembelajaran Make A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata 71,3 pada pra siklus menjadi rata-rata 75,2 pada siklus I dan 80,4 pada siklus II.

References

Departemen Pendidikan Nasional (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Bloom. (1970). Assessing affective Characteristic in the Schools Boston; Allyin and Bacan Attitude and Qualification in Psychology. New York: Harcourt Brace and Would, Inc.

Dimyati, Mudjiono (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Iskandar. (2009). Psiokologi Pendidikan. Cipayung-Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Juhji. (2017). Model pembelajaran kooperatif Tipe Make A macth dalam Pembelajaran IPA. Primary. Volume.09. no.01 (Januari-21Juni) 2017.

Joko Sudarsono. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMP/MTs. Jakarta:Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Mihtahul Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Moh. Nazir. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Ghalia Indonesia

Mulyani Sumantri, dkk. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Maulana.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Neni Nisrohad Riyanti. (2018). Penerapan Model pembelajaran Kooperatif tipe make a macth untuk Meningkatkan hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Tempuran 4 Ngawi. JPGSD.volume 06 nomor 04 tahun 2018,440-450.

Nining Mariyaningsih,dkk. (2018). Bukan Kelas Biasa. Surakarta: CV.Kekata Group.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang Standar Nasional PendidikanNo. 19 tahun 2005

Sapriya. (2012). Konsep dan Pembelajaran. Jakarta : Rosda

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Waryana, . (2020). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Materi Perubahan Sosial Budaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match Pada Siswa Kelas IXA SMP Veteran 1 Manyaran Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 29(1), 57–66. https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.601

Issue

Section

Artikel