Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret Melalui Pendekatan SAVI Bagi Siswa Kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • . Suratno

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.602

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan untuk aktivitas dan hasil belajar melalui pendekatan pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Tawangsari semester 2 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes tertulis, observasi,  dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian: (1) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa bila dibandingkan antara prasiklus  yaitu nilai rata-rata 1,86 (kurang) di akhir siklus 2 menjadi 4,03 (baik); (2) terjadi peningkatan pencapaian ketuntasan belajar  siswa bila dibandingkan antara prasiklus  yaitu 6 siswa (25 %) di akhir siklus 2 menjadi 31 siswa (91,67 %) sehingga sudah mencapai tingkat ketuntasan sebagaimana telah ditetapkan yaitu ? 85%. Terjadi peningkatan pencapaian nilai rata-rata bila dibandingkan antara prasiklus 57,11 di akhir siklus 2 menjadi 83,61. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika materi barisan dan deret.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswin Zein. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Faller, Klingmüller, & Timmer. (2003). Simulation Methods for Optimal Experimental Design in Systems Biology, The Society for Modeling and Simulation International. 79 (12): 717-725

H.B Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Lexy J. Moleong. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lester & Alice Crow. (1984). Educational Psychology. Surabaya: Bina Ilmu (diterjemahkan oleh: drs. Z. Kasijan)

Michael Komorek & Reinders Duit. (2004). The teaching experiment as a powerful method to develop and evaluate teaching and learning sequences in the domain of non-linear systems. International Journal of Science Education 26 (5): 619-633.

Muhibbin Syah. (1995). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. (1998). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru

Oemar Hamalik. (1990). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Ricard. Jack C & Theodore S. (1996). Appoach and Methode in Language Teaching. Cambridge Unevercity Press.

Sarwiji Suwandi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13 Surakarta.

Slavin. (1994). Cooperative Learning. Boston

Suharsimi Arikunto, Suhardjono & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

W.S Winkel. 1986. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi

Suroso. (2016). Upaya Meningktkan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Auditory Intellctually Repetition ( AIR ). Jurnal Pendidikan , Volume 28, Nomor 3, November 2019, Hal: 255-264.

Hariyani Suprapti. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi

Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode

Eksperimen Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester

Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan , Volume 28, Nomor 3, November 2019, Hal: 339-352.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Suratno, . (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret Melalui Pendekatan SAVI Bagi Siswa Kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 29(1), 67–76. https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.602

Issue

Section

Artikel