Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe numbered Head Together Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Authors

  • Joko Budi Marsono

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII G SMP Negeri2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal yaitu 70,0 mencapai ? 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Sukoharjo. Sebelum tindakan/prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 15 siswa atau 46,9%, pada siklus I, 23 siawa atau 71,9% dan pada siklus II, 30 siswa atau 93,75%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 68,5 setelah tindakan siklus I sebesar 71,9 dan setelah tindakan siklus II sebesar 82,1. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, M. (2011). Coopertive Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan.

Yogyakarta: Putaka Pelajar.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:

Alfabeta.

Sanjaya, W. (2008). Stretegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

---------. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sujatmiko, P. (2005). Seni musikKreatif 2. Solo: Tiga Serangkai Pustaka mandiri

Taniredja, T, Irma, dan Nyata. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan

Profesi Guru Praktik, Praktis, dan Mudah. Bandung: Alfabeta.

Untoro, J. (2007). Buku Pintar Seni musikSMP. Jakarta: WahyuMedia.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Marsono, J. B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe numbered Head Together Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan, 29(1), 77–84. https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.603

Issue

Section

Artikel