Peningkatan Kompetensi Menganalisis Vektor dengan Model Pembelajaran Jigsaw Bagi Siswa Kelas X MIPA 4 Semester 1 SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.748Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kompetensi menganalis vektor, dan mengetahui perubahan keaktifan siswa setelah pambelajaran menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan Penetian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan kemudian dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,observasi, evaluasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 semester 1 SMA Negeri 1 Tawangsari tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Proses pembelajaran dengan model pembelajaran tipe jigsaw mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. (2). Besar peningkatan kompetensi menganalisis vektor dengan rincian nilai rata-rata nilai Siklus 1 sebesar 75 dan Siklus 2 rata-rata sebesar 80. Sehingga peningkatan dari Siklus 1 ke Siklus 2 adalah 5%. (3) Pembelajaran dengan model pembelajaran tipe jigsaw pada kompetensi menganalisis vektor mengalami perubahan keaktifan siswa. Pada siklus 1 menjadi 62 (sedang) dan pada siklus 2 menjadi 76 (baik).
Downloads
References
Abu Ahmadi & Widodo s. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Aqib Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung : PT Yrama Widya
Arikunto Suharsini dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Bambang Ruwanto.(2016). Fisika SMA kelas X .Jakarta: Yudistira
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Sisdiknas. Jakarta : Depdiknas
---------------. (2006). Model-model Pemebelajaran yang efektif. Bahan Sosisalisasi KTSP.
Jakarta: Depdiknas
Departemen Pendidikan Nasional, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar 2013 untuk
mata pelajaran Fisika untuk SMA dan MA
Dimyati dan Mujiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Kanginan Marthin. (2008). Seribu Pena Fisika SMA Kelas XI. Jakarta, Erlangga
Lewin Kurt. (1990). “Action Reseach and Minorty Problems” 3rd ed. Victoria : Deakin
University.
Muhibbin Syah. (1995). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja
Rosdakarya
Ruwanto Bambang. (2016). Fisika SMA kelas X. Jakarta: Yudistira
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutama. (2013). Modul PLPG Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah.
Surakarta : Badan Penerbit FKIP UMS
Winkel.W.S,. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo
Hariyani Suprapti. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem
Ekskresi Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Eksperimen Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan. Volume 28, Nomor 3, November 2019, Hal: 339-352.
Suratno. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan
Deret Melalui Pendekatan SAVI Bagi Siswa Kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan. Volume 29, Nomor 1, Maret 2020, Hal : 67 – 76
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.