Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka di Era Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.803Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui gerakan pramuka di era pandemic covid19 yang dikaji secara teoritis dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Subjek penelitiannya adalah pelaksanaan pendidikan karakter di dalam gerakan pramuka, dan objek penelitiannya adalah Gerakan pramuka. Pengumpulan data dilakukan melalui: analisis buku-buku, laporan penelitian, makalah, artikel, dan skripsi, thesis serta sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan materi yang diteliti. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif. Aktifitas analisis data model ini antara lain, reduksi data, display data dan gambaran konklusi atau verifikasi. Hasil penelitian: berdasarkan hasil analisis literature dari buku-buku pustaka diantaranya Buku-buku tentang pendidikan karakter, artikel tentang pendidikan karakter, makalah tentang pendidikan karakter, laporan hasil penelitian tentang pendidikan karakter, AD dan ART Gerakan Pramuka, UU nomor 10 tentang Gerakan Pramuka, SKB tentang pelaksanaan bela Negara melalui gerakan pramuka diperoleh informasi bahwa pelaksanaan pendidikan karakter khususnya nilai karakter: religius, kepedulian, tanggung jawab, melalui gerakan pramuka di era pandemic covid 19 dilakukan dengan menggunakan metode: menyanyi lagu-lagu yang bernuansa religius, kepedulian dan nasionalisme yang dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi google classroom, sedangkan untuk nilai karakter: nasionalisme, disiplin dan demokrasi dilakukan dengan menggunakan media video yang di dalamnya memuat nilai-nilai tersebut yang dilakukan secara online dengan aplikasi Whattsap. Kesimpulannya bahwa pelaksanaan pendidikan karakter religius, kepedulian, kemandirian, tanggung jawab, disiplin, nasionalisme, dan demokrasi dalam gerakan pramuka di era pandemic covid 19 dilakukan dengan menggunakan metode menyanyi, serta dengan video yang menceritakan tentang nilai karakter disiplin, mandiri, nasionalisme, dan demokrasi yang dilakukan secara online dengan aplikasi WA dan google class room.
Downloads
References
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama . Jakarta: Kemendiknas.
Gunanjar Ari Agustian. (2006). Rahasia Membangkitkan emosional Spiritual Quetiont Power, Jakarta : Arga.
Hasan, S. Hamid. (2000). Pendekatan Multikultural untuk Penyempurnaan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Heri Gunawan. (2012). Pendidikan Karakter, (Konsep dan Implementasi), Bandung : Alfabeta.
Joko Mursitho. (2019). Panduan pelaksanaan pendidikan karakter melalui gerakan pramuka, makalah tidak dipublikasikan
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2018). AD dan ART Gerakan Pramuka. Jakarta: jalan Merdeka Timur
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2010). UU Nomor 10 tahun 2012, Gerakan Pramuka : Jakarta: jalan Merdeka Timur
Majid Abdul. (2010). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Munir Abdullah. (2010). Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pedagogia.
Trianto. (2009). Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Virsya Norla. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan karakter Di sekolah, Jakarta:Laksana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.