Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII H SMP MTA Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.852Abstract
Abstrak : Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas VII H SMP MTA Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode eksperimen memiliki kelebihan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memahami konsep dengan cara melakukan percobaan/ eksperimen sehingga membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran. Peserta didik mengalami secara langsung dalam menemukan konsep sehingga dalam pembelajaran ini seakan memberi keleluasaan kepada peserta didik untuk mencari pemahamannya sendiri dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data, membangun hipotesis, dan percobaan untuk menarik kesimpulan. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu hasil rerata skor keaktifan peserta didik kondisi awal 53.13%, pada siklus I meningkat menjadi 70.00%, pada siklus II meningkat menjadi menjadi 76.25%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 6.25%. Sedangkan rerata hasil belajar pada kondisi awal 67.19, pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 72.25, dan pada Siklus II Rerata menjadi 76,41, sehingga terjadi peningkatan rerata sebesar 4.16.
Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VII H SMP MTA Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci : Metode Eksperimen, Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar.
Downloads
References
Abimanyu, Soli. dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Dahar, R. W. (2006). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Erlangga
Giyono. (2020). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading Compasition untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas X-IPS 2 SMA Negeri 1 GemolongTahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan. Volume 28 Nomor 2, Juli 2020.
Hamalik, Oemar. (2004).Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hermawan, A.H. dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran SD. Bandung : UPI Press
Jihad, A. dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo.
Mayangsari, Dewi. dkk. (2014). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi UNEJ, I (1): 27-31
______________.(2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. (2005). Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
____________. (2009). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sumantri, M dan Permana (1999). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Warsonodan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.