Penerapan Teknik Parafrase Diary Tingkatkan Keterampilan Menulis Geguritan Pada Peserta Didik SMK
DOI:
https://doi.org/10.32585/kawruh.v3i1.1426Keywords:
Keterampilan menulis, geguritan, paraphrase diary.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis geguritan dan kualitas proses pembelajaran dengan penerapan teknik parafrase diary pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Jati Kabupaten Blora. Hasil penelitian adalah penerapan teknik parafrase diary dapat meningkatkan keterampilan dan kualitas proses pembelajaran menulis geguritan pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Jati Kabupaten Blora. Hal ini dapat dilihat dari kinerja peserta didik dalam mempersiapkan pembelajaran dengan baik, aktif dalam kegiatan apersepsi, menjawab pertanyaan guru, bertanya kepada guru, menulis geguritan dengan semangat, menciptakan geguritan yang menarik, berperan aktif dalam pembelajaran dan ikut merefleksi dan menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Selain itu hasil ketuntasan peserta didik dalam menulis geguritan dari pratindakan 38,7 % ke siklus 1 74,2% meningkat 35,5% dan dari siklus 1 74,2% ke siklus 2 93,6% meningkat 19,4%. Kriteria ketuntasan minimal yang terdapat di SMKN 1 Jati Kabupaten Blora adalah 75.
Downloads
References
Andayani. (2015). Problema dan Aksioma. Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia.Yogyakarta:Deepublish.
Jamaris, M. (2009). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggu- langannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.
Lestari, Endang Dwi. (2009). Kawruh Sepala Basa. Klaten: PT. Intan Pariwara.
Mahardhika, B. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi dari Teks Wawancara dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explisit Instructions Teknik Kronologis Peristiwa pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 3 Ungaran (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ningsih, K. D. (2020). Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi menggunakan Media Pembelajaran Gambar Fenomena Alam Pada Kelas VIIIB MTs Negeri I Purworejo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(1).
Nurgiyantoro, Burhan. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE
Salmiati, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Parafrase Menggunakan Metode Mind Mapping. Jurnal Pelangi, 8(1).
Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi VI). Depok: PT Rajagrafindo Persada
Waluyo, Herman J. (2010). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press
Wantoro, A. W. (2020). Penerapan Teknik Parafrasa Diary Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cakepan Tembang Macapat Pada Siswa SMK. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(1).
Wardoyo, Sigit Mangun. (2013). Teknik Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.