Penerapan Teknik Parafrase Diary Tingkatkan Keterampilan Menulis Geguritan Pada Peserta Didik SMK

Arif Wahyu Wantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis geguritan dan kualitas proses pembelajaran dengan penerapan teknik parafrase diary pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Jati Kabupaten Blora. Hasil penelitian adalah penerapan teknik parafrase diary dapat meningkatkan keterampilan dan  kualitas proses pembelajaran menulis geguritan pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Jati Kabupaten Blora. Hal ini dapat dilihat dari kinerja peserta didik dalam mempersiapkan pembelajaran dengan baik, aktif dalam kegiatan apersepsi, menjawab pertanyaan guru, bertanya kepada guru, menulis geguritan dengan semangat, menciptakan geguritan yang menarik, berperan aktif dalam pembelajaran dan ikut merefleksi dan menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Selain itu hasil ketuntasan peserta didik dalam menulis geguritan dari pratindakan 38,7 % ke siklus 1 74,2%   meningkat 35,5% dan dari siklus 1  74,2% ke siklus 2  93,6% meningkat 19,4%. Kriteria ketuntasan minimal yang terdapat di SMKN 1 Jati Kabupaten Blora adalah 75.


Keywords


Keterampilan menulis, geguritan, paraphrase diary.

References


Andayani. (2015). Problema dan Aksioma. Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia.Yogyakarta:Deepublish.

Jamaris, M. (2009). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggu- langannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.

Lestari, Endang Dwi. (2009). Kawruh Sepala Basa. Klaten: PT. Intan Pariwara.

Mahardhika, B. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi dari Teks Wawancara dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explisit Instructions Teknik Kronologis Peristiwa pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 3 Ungaran (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ningsih, K. D. (2020). Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi menggunakan Media Pembelajaran Gambar Fenomena Alam Pada Kelas VIIIB MTs Negeri I Purworejo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(1).

Nurgiyantoro, Burhan. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE

Salmiati, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Parafrase Menggunakan Metode Mind Mapping. Jurnal Pelangi, 8(1).

Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi VI). Depok: PT Rajagrafindo Persada

Waluyo, Herman J. (2010). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press

Wantoro, A. W. (2020). Penerapan Teknik Parafrasa Diary Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cakepan Tembang Macapat Pada Siswa SMK. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(1).

Wardoyo, Sigit Mangun. (2013). Teknik Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.32585/kawruh.v3i1.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arif Wahyu Wantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture
ISSN 2657-134X (print) | 2657-1625 (online)
Publisher: Universitas Veteran Bangun Nusantara
Jl. Letjen. S. Humardani No. 1 Jombor, Sukoharjo, Central Java, Indonesia
Web: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/kawruh 
Email: journalkawruh@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Number of Visitors