Inovasi Pembelajaran Berbasis Animasi 2 Dimensi Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Mahasiswa Tuli di Usahid Surakarta)

Authors

  • Ahmad Khoirul Anwar Universitas Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/kawruh.v5i1.3388

Abstract

Universitas Sahid Surakarta menerima mahasiswa berkebutuhan khusus sejak tahun 2012 dan telah berjalan sepuluh tahun terakhir. Mengelola siswa berkebutuhan khusus merupakan suatu tantangan karena memerlukan upaya khusus. Sebagian besar siswa penyandang disabilitas adalah tunarungu. Kenyataan yang dihadapi selama sepuluh tahun terakhir adalah siswa berkebutuhan khusus khususnya tunarungu tidak semuanya memahami bahasa isyarat. Tidak semuanya juga memahami bahasa gerak bibir. Mereka hanya dapat berkomunikasi menggunakan bahasa tertulis. Namun kemampuan mereka dalam memahami kalimat juga minim dalam arti hanya mampu memahami kalimat pendek. Siswa berkebutuhan khusus mengalami kesulitan memahami atau mencerna kalimat yang panjang dan banyak. Kondisi tersebut mempengaruhi proses penerimaan bahan ajar. Dari permasalahan yang dihadapi maka diperlukan solusi terhadap inovasi pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Inovasi yang dilakukan adalah dengan membuat media pembelajaran berbasis animasi 2 dimensi. Tujuan dari pembuatan media pembelajaran ini untuk memudahkan mahasiswa berkebutuhan khusus dalam memahami materi perkuliahan yang disampaikan. Metode yang digunakan terdiri dari lima tahapan, yaitu Development, Pra Produksi, Produksi, Paska Produksi, dan Distribusi. Hasil dari penerapan inovasi pembelajaran animasi ini memberikan dampak yang sangat positif bagi mahasiswa berkebutuhan khusus. Strategi kreatif yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran ini meliputi konsep estetik dan konsep Teknik, Pemiliihan warna dan font yang bagus dan mudah dibaca memudahkan mahasiswa berkebutuhan khusus dalam memahami maksuda dari materi yang disampaikan. Hal itu terbukti dengan mereka lebih cepat mengerti tentang materi yang disampaikan dan langsung bisa mempraktekkan. Pembuatan media pembelajaran ini dipantau dan dievaluasi oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) pada bulan September 2022 lalu. suatu proses pengujian, penyempurnaan, dan penyempurnaan yang memakan waktu lebih dari dua semester.

References

Aswat. 2011. Menggambar Dengan Corel Draw:Dari Foto Menjadi Vector. Jakarta: Mediakita.

Delila Khoiriyah Masuri. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (5): 1–11.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876.

Disabilitas, UU. 2016. Undang-Undang No 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

Fahrurrozi; Mohzana, Muh. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis Dan Praktik. Surakarta: Insan Institute.

Husin, Lauditta Soraya. 2020. “Subjective Well Being Pada Mahasiswi Tunanetra.” Psikoislamedia : Jurnal Psikologi 5 (1): 54. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.7360.

K, Ichwan. 2015. Membuat Metode Pembelajaran Dengan Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi.

Muhtadi, Ali. 2008. “Pendidikan Dan Pembelajaran : Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis.” Majalah Ilmiah Pembelajaran 1 (4): 54–70. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/6877/5910.

Ningsih, Fitri, and Suryane Sulistiana Susanti. 2019. “Psychological Well-Being Pada Penyandang Disabilitas Fisik Physicological Well-Being of Physical Disability People.” Jurnal Imiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syah Kuala IV (1): 87–94. http://jim.unsyiah.ac.id/FKep/issue/view/449.

Sannakkanavar, Prakash. 2022. Educational Technology. Ashok Yakkaldevi.

Sapriyah. 2019. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” In Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 2:470–77. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Sirait, Matias Julyus Fika. 2022. Pembelajaran Berbasis Multimedia. Edited by Matias Julyus Fika Sirait. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sisdiknas, UU. 2003. Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20/2003.

Published

2023-10-29

How to Cite

Anwar, A. K. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Animasi 2 Dimensi Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Mahasiswa Tuli di Usahid Surakarta). Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture, 5(1), 46–56. https://doi.org/10.32585/kawruh.v5i1.3388

Issue

Section

Artikel