PEMBELAJARAN DARING SMK VETERAN 1 SUKOHARJO DI ERA COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.32585/.v2i2.1155Abstract
Progam Pengalaman Lapangan ( PPL ) di FKIP dilakukan setiap tahun dan menjadi kurikulum wajib bagi mahasiswa FKIP. Progam pengalaman lapangan (PPL) pada tahun ini dilakukan secara serentak untuk progam studi PGSD dan Non PGSD. Akan tetapi untuk progam Pengalaman Lapangan pada tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya karena pada tahun ini progam pengalaman lapangan ( PPL ) dilaksanakan ketika pandemi Covid-19. Covid -19 merupakan wabah penyakit yang pertama kali ditemukan dari Tiongkok,penyakit tersebut menyebar sangat cepat di seluruh penjuru dunia. Covid-19 menyabar ke Indonesia pada awal Maret 2020,penyebaran virus covid-19 menghambat beberapa faktor salah satunya pada bidang pendidikan. Ketika virus covid-19 masuk ke Indonesia pembelajaran yang biasanya di lakukan secara bertatap muka dengan pengajar dan dilaksanakan di sekolah diubah menjadi pembelajaran jarak jauh ( PJJ ) atau pembelajaran daring. Pada proses Progam Pengalaman Lapangan ( PPL ) yang dilaksanakan secara dua bulan di SMK Veteran 1 Sukoharjo sudah berjalan efektif dengan memanfaatkan aplikasi atau LMS GoogleClassroom dan Googlemeet. Kendala dalam proses pembelajaran daring atau PJJ yaitu masalah koneksi Internet siswa yang kurang mendukung pada setiap tempat tinggal wilayah siswa tersebut.
Kata kunci : Progam Pengalaman Lapangan ( PPL ), Covid 19 ,Pembelajaran daring
Downloads
References
Kementerian Kesehatan. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19)
Nur, A. M. (2011). Tugas Guru sebagai Pengembang Kurikulum. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 59-67.
Syaharuddin, S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19. Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19.
Syaharuddin, S. (2020). Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring. Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring.
Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi.
Subiyakto, B., & Abbas, E. W. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Keraton: Journal of History Education and Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.