RELEVANSI GERAKAN MERAPI MERBABU COMPLEK (MMC) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.32585/keraton.v1i1.318Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui apa guru sudah memasukkan sejarah lokal Gerakan MMC dalam pembelajaran sejarah di SMA Kabupaten Klaten, (2). Untuk mengetahui respons guru tentang sejarah lokal MMC dalam pembelajaran sejarah di SMA Kabupaten Klaten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu berusaha menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik obyek yang diteliti secara tepat. Penelitian ini penulis menggunakan model analisis interaktif dalam analisisnya. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, mengkaji dokumen dan arsip (content analysis), dan observasi. Model analisis interaktif memiliki tiga unsur yaitu reduksi data, sajian data, dan verifikasi data, yang mana analisa data interaktif pada proses pengumpulan data sebagai suatu siklus.Downloads
References
Andriyanto, Gerakan Merapi Merbabu Complex Sebagai Materi Alternatif Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas Boyolali, Widya Sari Vol 17. No.4, September 2015, Salatiga.
Endang Danial. 2005. Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.
Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial : Nomor 24 Tahun XIII Edisi Januari-Juni.
Bandung. Halaman 8-9.
I Gde Widja. 1989. Dasar-Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Kependidikan
_________ . 1989. Sejarah Lokal Suatu Perspektif Dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Julian Ibrahim. 2004. Bandit dan Perjuangan di Simpang Bengawan. Kriminalitas
dan Kekerasan Masa Revolusi di Surakarta. Solo : Bina Citra Pustaka.
Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto, 1993, Sejarah Nasional Indonesia VI, Jakarta: Balai Pustaka.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutopo, H.B. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Suyatno Kartodirdjo. 1989. Fungsi Pengajaran Sejarah dalam Pembangunan
Nasional, Historika. No. 5. Tahun III, Surakarta : Program Pascasarjana
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Keraton: Journal of History Education and Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.