RELEVANSI GERAKAN MERAPI MERBABU COMPLEK (MMC) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Muslikh Muslikh Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Andriyanto Andriyanto Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/keraton.v1i1.318

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui apa guru sudah memasukkan sejarah lokal Gerakan MMC dalam pembelajaran sejarah di SMA Kabupaten Klaten, (2). Untuk mengetahui respons guru tentang sejarah lokal MMC dalam pembelajaran sejarah di SMA Kabupaten Klaten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu berusaha menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik obyek yang diteliti secara tepat. Penelitian ini penulis menggunakan model analisis interaktif dalam analisisnya. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, mengkaji dokumen dan arsip (content analysis), dan observasi. Model analisis interaktif memiliki tiga unsur yaitu reduksi data, sajian data, dan verifikasi data, yang mana analisa data interaktif pada proses pengumpulan data sebagai suatu siklus.

References

Andriyanto, Gerakan Merapi Merbabu Complex Sebagai Materi Alternatif Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas Boyolali, Widya Sari Vol 17. No.4, September 2015, Salatiga.

Endang Danial. 2005. Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial : Nomor 24 Tahun XIII Edisi Januari-Juni.

Bandung. Halaman 8-9.

I Gde Widja. 1989. Dasar-Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Kependidikan

_________ . 1989. Sejarah Lokal Suatu Perspektif Dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Julian Ibrahim. 2004. Bandit dan Perjuangan di Simpang Bengawan. Kriminalitas

dan Kekerasan Masa Revolusi di Surakarta. Solo : Bina Citra Pustaka.

Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto, 1993, Sejarah Nasional Indonesia VI, Jakarta: Balai Pustaka.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutopo, H.B. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Suyatno Kartodirdjo. 1989. Fungsi Pengajaran Sejarah dalam Pembangunan

Nasional, Historika. No. 5. Tahun III, Surakarta : Program Pascasarjana

Published

2019-08-14

Issue

Section

Artikel