PERJUANGAN DAN PEMIKIRAN R.A. KARTINI TENTANG PENDIDIKAN PEREMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.32585/keraton.v1i1.322Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perjuangan dan pemikiran RA. Kartini dalam bidang pendidikan bagi kaum wanita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis yang terdiri dari heuristik, kritik ekstern dan intern, interpretasi, historiografi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa R.A. Kartini memandang pendidikan adalah suatu hal sangat penting. Pendidikan akan kuasa mengangkat derajat dan martabat bangsa. Pendidikan yang ia maksudkan juga merupakan pendidikan yang dapat diterima oleh semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan. Pendidikan yang dicita-citakan Kartini ialah pendidikan yang mengedepankan pendidikan budi pekerti dan pembinaan watak, dan dijalankan dengan sistem peraturan yang dibuat Kartini sendiri.Downloads
References
Kartodirdjo, Sartono. 1982. Pemikiran Dan Perkembangan Historiografi Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Nasution, S. 1995. Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
.1996. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta. Bumi Aksara.
Rahman, Momon Abdul. 2015. Jong Java: Peranannya Dalam Persatuan Bangsa. Jakarta: Museum Sumpah Pemuda.
Rifa‟i, Muhammad. 2011. Sejarah Pendidikan Indonesia: Dari Masa Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Ricklefs, M.C. 2017. Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Soeroto, Sitisoemandari. 2001. Kartini: Sebuah Biografi. Jakarta: Penerbit Djambatan.
Suhartono. 1994. Sejarah Pergerakan Nasional: Dari Budi Utomo Sampai Proklamasi 1908-1945. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Surjomihardjo, Abdurrachman. 1986. Ki Hajar Dewantara Dan Taman Siswa Dalam Sejarah Indonesia Modern. Jakarta. Sinar Harapan.
Sutrisno, Sulatin. 2014. Emansipasi: Surat-Surat Kepada Bangsanya 1899-1904. Yogyakarta: Jalasutra.
Toer, Pramoedya Ananta. 2003. Panggil Aku Kartini Saja. Jakarta: Lentera Dipantara.
Stuers, Cora Vreede. 2017. Sejarah Perempuan Indonesia: Gerakan & Pencapaian. Depok: Komunitas Bambu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Keraton: Journal of History Education and Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.