Pengajaran Sejarah Lokal di Kelas: Internalisasi Nilai Kepemimpinan Pangeran Cakrabuana dari Kesultanan Cirebon

Authors

  • Iis Husnul Hotimah Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.32585/keraton.v5i1.4217

Keywords:

Sejarah Lokal, Pengajaran Sejarah, Kepemimpinan, Pangeran Cakrabuana

Abstract

Kajian ini ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana posisi sejarah lokal dalam sejarah Nasional menurut beberapa perspektif atau pendapat para ahli dalam sejarah maupun pendidikan sejarah. Pada tulisan ini, penulis juga akan mendeskripsikan bagaimana penerapan sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah di kelas, dengan mengambil contoh suatu kisah kepemimpinan tokoh terkenal dari daerah Cirebon yaitu Pangeran Cakrabuana atau sering disebut Pangeran Walangsungsang yang diambil dari sumber buku karya Besta Basuki Kertawibawa. Dengan ditulisnya makalah ini, diharapkan pembaca khususnya generasi muda kota Cirebon dapat mengenal sosok Cakrabuana sebagai sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi karena kehidupan individual suatu sosok dalam sejarah dapat menjadi hal yang penting dan diperlukan dalam membangun berbagai nilai positif pada diri peserta didik khususnya. Lebih dari pada itu, besar harapan penulis agar pembaca dan masyarakat luas dapat memahami kelokalan masing-masing daerah agar masyarakat memiliki “sense of belonging” terhadap sejarah dan budaya lokalnya.

References

Collingwood, R. G. (1973). The Idea Of History. London: Oxfor University Press.

Haryono. (2017). Sejarah Lokal: Mengenal Yang Dekat, Memperluas Wawasan. Sejarah dan Budaya, Vol 11(2). P. 160-166

Hook, S. (1943). The Hero in History. Boston: The Beacon Press.

Kertawibawa, B. B. (2007). Pangeran Cakrabuana Sang Perintis Kerajaan Cirebon. Kiblat.

Mulyana, A dan Gunawan, R. (2007). Lingkungan Terdekat: Sumber Belajar Sejarah Lokal. Dalam Sejarah Lokal: Penulisan dan Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Salamina Press.

Priyadi, S. (2012). Sejarah Lokal: Konsep, Metode, dan Tantangannya. Yogyakarta: Ombak.

Soedjatmoko. (1976). Kesadaran Sejarah dan Pembangunan. Jakarta: LP3ES

Soedjatmoko. 1984. Etika Pembebasan. Jakarta: LP3ES

Widja, I.G. (1989). Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Wiriaatmadja, R. (2017). Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Sejarah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Published

2023-07-03

Issue

Section

Artikel