MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH (PEMINATAN)

Authors

  • Rus Hartata SMAN 1 Polokarto Kabupaten Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/keraton.v1i2.521

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan Motivasi  belajar peserta didik dan prestasi belajar  Sejarah (Peminatan)  menggunakan Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL) kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Polokarto  semester Gasal  tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan dimulai Agustus 2019 sampai November 2019, di kelas XI IPS1 SMA Negeri  1 Polokarto. Subyek penelitian: peserta didik kelas XI IPS1. Jumlah peserta didik 32. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Alat pengumpul data berupa butir-butir soal tes tertulis dan lembar Observasi aktivitas  belajar peserta didik yang dilakukan kolaborator. Hasil  penelitian : Kondisi awal ke siklus 2 terjadi peningkatan motivasi  belajar peserta didik dari ke-empat aspek yang dinilai yaitu : Aspek kehadiran tetap 100%, aspek interaksi dengan guru  meningkat dari 15,63% menjadi 93,75%, aspek antusias dalam kelompok meningkat dari 0% menjadi 66,27%, sedangkan aspek  tanggung jawab dalam pembelajaran meningkat dari 15,63% menjadi 93,75%. Pada nilai prestasi dari kondisi awal ke siklus 2 meningkat dari nilai rerata  58,91  menjadi 80,16. Nilai tertinggi naik dari 75 menjadi 95, nilai terendah naik dari 45 menjadi 65 dan ketuntasan belajar meningkat dari 31,25% menjadi 90,63%.

References

Arends, R. I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: Mc Graw Hill.

Azwar, Saifuddin. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Budiyono, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasbolah, Kasihani. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Kosasih, A dan R. Angkowo. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Peter Salim dan Yenny Salim, 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.

Purwanto, M. Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roestiyah, 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E.. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media

Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Peserta Didik Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

____________. 1996. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta: UI Press.

Wahyuni, Baharudin Esa Nur. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: AR-R422 Media.

Published

2020-01-12

Issue

Section

Artikel