SOCIAL STUDIES (PIPS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SOCIAL RESPONSIBILITY DAN SOCIAL SKILLS PESERTA DIDIK DI TENGAH GLOBALISASI

Authors

  • Rahman Abidin Uniersitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.32585/keraton.v1i2.524

Abstract

Secara kelembagaan, kurikulum Pendidikan IPS harus disesuaikan dengan tantangan global, intensitas forum akademik ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya. Pada level kelas, pengajar perlu meningkatkan kapasitasnya melalui pelatihan dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran yang bermakna sebagai upaya menghasilkan good citizen dapat terwujud. Pada era globaliasi banyak efek yang meresap dalam saraf kehidupan. Efek tersebut menimbulkan masalah sosial seperti individualistis, egoistis, kurang dapat berkomunikasi secara efektif, rendahnya empati, kurangnya rasa tanggung jawab, tingkat disiplin rendah, kurang bekerjasama dan berinteraksi didalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan IPS mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan tanggung jawab sosial dan keterampilan sosial peserta didik, dengan begitu peserta didik diharapkan dapat hidup secara lebih fungsional dan bermakna di era globalisasi.

References

Al-Muchtar, S. (2007). Strategi Pembelajaran Pendidikan IPS. Bandung: UPI.

Andriyanto, Muslikh. 2018. Nilai-Nilai Kejungan Sebagai Warisan Karakter Bangsa. Ombak : Yogyakarta.

Hellison, D. R. (2003). Teaching Personal and Social Responsibility Through Physical Activity. Third Edition. USA: Human Kinetics, Inc.

Inglis, F., & Aers, L. (2008). Key Concepts in Education. Los Angeles: SAGE Publication.

Koesoema, D. (2009). Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo.

Lickona, T. (2013). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara.

M. Numan Somantri, (2001), Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Rosda, Bandung.

Mahood, Wayne, et.al., (1991), Teaching Social Studies in Middle and Senior High Schools, Macmillan, Toronto.

Metiri Group (2009). Twenty First Century Skills (Online). Tersedia: http//www.metiri.com

Nursid, N. (2008). Konsep dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sardjiyo. (2007). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Simorangkir. (1987). Tanggung Jawab Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sjamsuddin dan Maryani E. 2008. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Makasar: Makalah pada Seminar Nasional.

Smith, A.D., (2003), Nasionalisme, Teori, Ideologi dan Sejarah, terj. Frans Kowa, Erlangga, Jakarta.

Syaodih, E. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial (Online). Tersedia: http://educare.efkipunla.netindex2.php?option=c om_content&do_pdf=1&id=10 UNICEF. (2014). Laporan tahunan Indonesia 2014. Genewa: PBB.

Published

2020-01-12

Issue

Section

Artikel