Pembelajaran Kooperatif dalam Inovasi Pengajaran Sejarah
DOI:
https://doi.org/10.32585/keraton.v6i1.5393Abstract
Dalam pembelajaran sekarang ini metode ceramah sudahlah tidak efektif digunakan, hal itu terjadi disebabkan peserta didik hanya sebagai penerima informasi dari pendidik, peserta didik tidak melakukan proses pencarian informasi mereka secara mandiri. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya kejenuhan dalam pembelajaran sejarah. Cooperatif Learning merupakan metode pembelajaran yang melibatkan peran aktif peserta didik hal itu dirasa mampu membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini ialah penelitian studi pustaka. Pembelajaran kooperatif memiliki karakter yakni pembelajaran menuntut peran aktif dari peserta didik, pembelajaran ini juga melibatkan kelompok sebagai peran aktif proses pembelajaran dimana dalam kelompok tersebut saling memberikan koreksi terkait pemahaman materi pembelajaran. Pembelejaran kooperatif ini memiliki beberapa model yang bisa digunakan dalam pembelajaran sejarah, yakni: (STAD,TGT,Jigsaw,Group Investigation). Pembelajaran kooperatif diasumsikan mampu memberikan nuansa baru dalam proses pembelajaran sejarah yang dirasa sudah kering dan hanya bersifat transfer ilmu dari pendidik kepeserta didik, asumsi ini berdasar pada pembelajaran kooperatif yang menuntut keaktifan dari peserta didik, dengan memanfaatkan sistem kelompok. Yang bertujuan untuk membuat grup diskusi guna memecahkan permasalahan pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tegar Bima Sakti Tegar Bima Sakti, Djono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Keraton: Journal of History Education and Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.