TRANSFORMASI PENDIDIKAN ERA ORDE BARU: KEBIJAKAN DAN REALITAS PELAKSANAANNYA (1967 – 1990)

Penulis

  • Khaeruddin Khaeruddin Universitas Negeri Makasar

DOI:

https://doi.org/10.32585/keraton.v6i2.5892

Abstrak

ABSTRAK

Era Orde Baru di Indonesia (1967-1998), pemerintah mengimplementasikan berbagai kebijakan untuk meningkatkan kualitas dan akses pendidikan. Namun, terdapat ketidaksesuaian antara kebijakan yang dicanangkan dan realitas pelaksanaannya di lapangan. Masalah utama yang dihadapi meliputi ketimpangan akses pendidikan, kualitas pendidikan yang masih rendah, dan kurangnya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi pendidikan di Indonesia selama era Orde Baru, dari tahun 1967 hingga 1998. Fokus utama adalah pada kebijakan pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah serta realitas pelaksanaannya di lapangan. Studi ini juga mengevaluasi dampak dari kebijakan tersebut terhadap kualitas pendidikan dan kesetaraan akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan kajian studi pustaka. Data dikumpulkan dari berbagai sumber jurnal, artikel, dan buku terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada beberapa pencapaian dalam hal peningkatan akses pendidikan, banyak kebijakan yang diterapkan lebih berfokus pada kontrol politik daripada peningkatan kualitas pendidikan. Realitas pelaksanaan kebijakan sering kali tidak sejalan dengan tujuan awal, menghasilkan berbagai permasalahan seperti kekurangan fasilitas, rendahnya kualitas pengajaran, dan ketimpangan pendidikan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang kompleksitas transformasi pendidikan pada era Orde Baru dan implikasinya terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-06-03

Terbitan

Bagian

Artikel