Permainan Ayunan Jantra di Banjar Kerobokan, Desa Munggu, Badung Kajian Tentang Latar Belakang, Dampak, dan Potensinya sebagai Sumber Belajar di SMA

Authors

  • I Putu Dandy Riartha Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Pageh
  • I Wayan Putra Yasa

DOI:

https://doi.org/10.32585/keraton.v6i2.6350

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu, mengetahui latar belakang permainan Ayunan
Jantra di Desa Munggu, Mengwi, Badung, Bali, untuk mengetahui dampak
permainan Ayunan Jantra bagi masyarakat Banjar Kerobokan di Desa Munggu,
Mengwi, Badung, Bali, untuk mengetahui aspek-aspek dari permainan Ayunan
Jantra yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar di SMA. Metode yang
digunakan di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, studi dokumen
dan menggunakan metode penelitian sejarah yaitu heuristik, kritik sumber,
interpretasi dan historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
permainan Ayunan Jantra dibuat tahun 1930 untuk mensejahterahkan Skaha
Ayunan Jantra dengan latar belakang adanya krisis yang disebabkan oleh kenaikan
pajak oleh kolonial Belanda. Permainan Ayunan Jantra memiliki dampak sosial
yaitu terciptanya Skaha Ayunan Jantra Nugraha dan memiliki dampak ekonomi
yang mensejahterakan Skaha. Adapun aspek-aspek dari permainan Ayunan Jantra
yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar di SMA dikarenakan permainan
Ayunan Jantra memiiki sejarah yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar
sejarah lokal pada pendidikan formal tepatnya pada Fase E (Kelas 10), semester
1, Bab II dalam materi “Penelitian Sejarah Lokal”.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-02-18

Issue

Section

Artikel