The Role of Archives and Libraries as a Recreational Learning Facility History
DOI:
https://doi.org/10.32585/keraton.v6i2.6824Abstract
Pengajaran sejarah tidak boleh hanya menekankan aspek masa lampau saja. Pengajaran sejarah harus mengembangkan aspek kualitas dan kuantitas bahan dan materinya. Pengajaran sejarah harus mengembangkan aspek kualitas dan kuantitas bahan dan materinya pelajaran sejarah menjadi pelajaran yang berada di papan bawah, sehingga sering diremehkan, dan melihat kondisi guru sejarah kurang peka terhadap gejala-gejala sejarah, akibatnya metode yang dikembangkan, cenderung konvensional dan monoton. Melihat kondisi ini perlu menghadirkan sebuah inovasi baru dalam pembelajaran sejarah, sehingga lebih menyenangkan dan bermakna. Salah satu solusi dari keadaan ini yaitu dengan menggunakan arsip dan perpustakaan sebagai sumber pembelajaran sejarah, pemanfaatan arsip dan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan tujuan agar pembelajaran sejarah lebih bervariasi dan tidak hanya terbatas pada buku teks atau bendabenda peninggalan sejarah. Dengan membaca buku sejarah dapat menjadi media hiburan dan rekreatif, fungsi rekreatif ini menekankan pada upaya untuk menumbuhkan rasa senang untuk belajar dan menulis sejarah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khaeruddin Khaeruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Keraton: Journal of History Education and Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.