Sejarah Lingkungan sebagai Konten Digital Edukatif: Strategi Pedagogis untuk Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32585/keraton.v7i2.7719Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas sejarah lingkungan
sebagai konten digital edukatif dalam menumbuhkan kesadaran ekologis siswa
melalui strategi pedagogis berbasis project-based learning dan digital
storytelling di Kota Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan mixed
methods dengan desain sekuensial eksplanatori. Subjek penelitian melibatkan
siswa kelas X dan XI SMA dengan teknik purposive sampling. Data kuantitatif
diperoleh melalui pretest dan posttest kesadaran ekologis, sedangkan data
kualitatif dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis proyek digital
siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kesadaran
ekologis siswa setelah implementasi pembelajaran, terutama pada dimensi sikap
ekologis, diikuti oleh pengetahuan dan perilaku. Pemanfaatan konten digital
berupa video dokumenter, arsip visual, dan peta interaktif sejarah lingkungan
Surabaya terbukti meningkatkan keterlibatan belajar, kemampuan berpikir kritis,
serta empati ekologis siswa. Strategi project-based learning berbasis digital
storytelling mendorong siswa menjadi subjek aktif dalam merekonstruksi sejarah
lingkungan wilayahnya. Meskipun terdapat hambatan berupa keterbatasan
akses teknologi dan literasi digital, pembelajaran ini tetap menunjukkan daya
transformasi pedagogis yang kuat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi
sejarah lingkungan dan teknologi digital merupakan pendekatan strategis untuk
membangun kesadaran ekologis siswa secara reflektif, kritis, dan berkelanjutan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahman Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Keraton: Journal of History Education and Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.




