Sejarah Lingkungan sebagai Konten Digital Edukatif: Strategi Pedagogis untuk Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Siswa

Authors

  • Rahman Abidin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32585/keraton.v7i2.7719

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas sejarah lingkungan
sebagai konten digital edukatif dalam menumbuhkan kesadaran ekologis siswa
melalui strategi pedagogis berbasis project-based learning dan digital
storytelling di Kota Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan mixed
methods dengan desain sekuensial eksplanatori. Subjek penelitian melibatkan
siswa kelas X dan XI SMA dengan teknik purposive sampling. Data kuantitatif
diperoleh melalui pretest dan posttest kesadaran ekologis, sedangkan data
kualitatif dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis proyek digital
siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kesadaran
ekologis siswa setelah implementasi pembelajaran, terutama pada dimensi sikap
ekologis, diikuti oleh pengetahuan dan perilaku. Pemanfaatan konten digital
berupa video dokumenter, arsip visual, dan peta interaktif sejarah lingkungan
Surabaya terbukti meningkatkan keterlibatan belajar, kemampuan berpikir kritis,
serta empati ekologis siswa. Strategi project-based learning berbasis digital
storytelling mendorong siswa menjadi subjek aktif dalam merekonstruksi sejarah
lingkungan wilayahnya. Meskipun terdapat hambatan berupa keterbatasan
akses teknologi dan literasi digital, pembelajaran ini tetap menunjukkan daya
transformasi pedagogis yang kuat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi
sejarah lingkungan dan teknologi digital merupakan pendekatan strategis untuk
membangun kesadaran ekologis siswa secara reflektif, kritis, dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-16

Issue

Section

Artikel