Review dan Rekontruksi Alat Instrumen Penilaian RPP SMA Kelas XII
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v4i1.2488Keywords:
Penilaian, Rencana Pembelajaran, Aspek Pengetahuan, dan Aspek KeterampilanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan butir-butir tes instrumen penilaian untuk ketiga RPP jenjang pendidikan SMA pada KD 3.11 dan 4.11, serta merekonstruksi butir-butir tes yang menggambarkan aspek pengetahuan dan keterampilan. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan teknik panel. Hasil yang diperoleh adalah, (1) RPP pertama ditinjau dari pengetahuan dan keterampilan dari segi konstruksi belum menampilkan tabel atau gambar untuk mendukung soal dan aspek materi dan bahasa sudah baik. (2) RPP kedua pengetahuan dan keterampilan dari segi konstruksi belum menampilkan tabel atau gambar untuk mendukung soal dan aspek materi dan bahasa sudah baik. (3) RPP ketiga telah menunjukkan penilaian aspek pengetahuan tentang materi yang tidak sesuai dengan materi, seperti materi yang ditanyakan tidak sesuai dengan kompetensi (urgensi, relevansi, kontinuitas, penggunaan sehari-hari yang tinggi) , tidak sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau jenjang kelas . Dari segi konstruksi, tidak ada pedoman penilaian dan menampilkan tabel atau gambar untuk mendukung pertanyaan, dan pada nomor dua, tidak menggunakan kata tanya yang menuntut deskripsi jawaban. Penggunaan bahasa dalam RPP ketiga ini sudah tepat dan baik. Aspek keterampilan dalam hal konstruksi belum menampilkan tabel atau gambar untuk mendukung pertanyaan dan pedoman penilaian.
Downloads
References
Arifin, Muhammad. 2017. Kompilasi Bahan Ajar Penilaian Pengajaran Bahasa. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
Asrul; Ananda, Rusydi; Rosnita. 2015. Citapustaka Media Evaluasi Pembelajaran.
Ayumi, Alfi Yalda et al. 2021. “Rekonstruksi Soal Penilaian Aspek Keterampilan Reseptif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Tahun Pelajaran 2018/2019 Smp Semesta Semarang.” Asas: Jurnal Sastra 10(2): 52–62.
Mania, Sitti et al. 2020. “Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah.” Al asma : Journal of Islamic Education 2(2): 274.
Natalicio, Diana S. 1979. “Repetition and Dictation as Language Testing Techniques.” The Modern Language Journal 63(4): 165–76.
Srika Ningsih Pasi; Yusrizal. 2018. “Analisis Butir Soal Ujian Bahasa Indonesia Buatan Guru MTSN Di Kabupaten Aceh Besar.” Master Bahasa 6(2): 195–202.
Sumiati, Ati, Umi Widiastuti, and Usep Suhud. 2018. “Workshop Teknik Menganalisis Butir Soal Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di SMK Cileungsi Bogor.” Jurnal pemberdayaan masyarakat madani 2(1): 136–53.
Supriyadi. 2013. UNG Press Gorontalo Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG Press Goromtalo. https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=5059232428618740961&hl=id&as_sdt=2005&sciodt=0,5.
Widiyanto, Joko. 2018. Evaluasi Pembelajaran Konsep, Prinsip & Prosedur.
Wulan, Ana Ratna. 2007. “Pengertian Dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, Dan Pengukuran.” Jurnal FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia: 1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.