Review dan Rekontruksi Alat Instrumen Penilaian RPP SMA Kelas XII

Authors

  • Janetri Suti Wahyuni, Deby Luriawati Naryatmojo, Wagiran Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v4i1.2488

Keywords:

Penilaian, Rencana Pembelajaran, Aspek Pengetahuan, dan Aspek Keterampilan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan butir-butir tes instrumen penilaian untuk ketiga RPP jenjang pendidikan SMA pada KD 3.11 dan 4.11, serta merekonstruksi butir-butir tes yang menggambarkan aspek pengetahuan dan keterampilan. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan teknik panel. Hasil yang diperoleh adalah, (1) RPP pertama ditinjau dari pengetahuan dan keterampilan dari segi konstruksi belum menampilkan tabel atau gambar untuk mendukung soal dan aspek materi dan bahasa sudah baik. (2) RPP kedua pengetahuan dan keterampilan dari segi konstruksi belum menampilkan tabel atau gambar untuk mendukung soal dan aspek materi dan bahasa sudah baik. (3) RPP ketiga telah menunjukkan penilaian aspek pengetahuan tentang materi yang tidak sesuai dengan materi, seperti materi yang ditanyakan tidak sesuai dengan kompetensi (urgensi, relevansi, kontinuitas, penggunaan sehari-hari yang tinggi) , tidak sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau jenjang kelas . Dari segi konstruksi, tidak ada pedoman penilaian dan menampilkan tabel atau gambar untuk mendukung pertanyaan, dan pada nomor dua, tidak menggunakan kata tanya yang menuntut deskripsi jawaban. Penggunaan bahasa dalam RPP ketiga ini sudah tepat dan baik. Aspek keterampilan dalam hal konstruksi belum menampilkan tabel atau gambar untuk mendukung pertanyaan dan pedoman penilaian.

References

Arifin, Muhammad. 2017. Kompilasi Bahan Ajar Penilaian Pengajaran Bahasa. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.

Asrul; Ananda, Rusydi; Rosnita. 2015. Citapustaka Media Evaluasi Pembelajaran.

Ayumi, Alfi Yalda et al. 2021. “Rekonstruksi Soal Penilaian Aspek Keterampilan Reseptif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Tahun Pelajaran 2018/2019 Smp Semesta Semarang.” Asas: Jurnal Sastra 10(2): 52–62.

Mania, Sitti et al. 2020. “Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah.” Al asma : Journal of Islamic Education 2(2): 274.

Natalicio, Diana S. 1979. “Repetition and Dictation as Language Testing Techniques.” The Modern Language Journal 63(4): 165–76.

Srika Ningsih Pasi; Yusrizal. 2018. “Analisis Butir Soal Ujian Bahasa Indonesia Buatan Guru MTSN Di Kabupaten Aceh Besar.” Master Bahasa 6(2): 195–202.

Sumiati, Ati, Umi Widiastuti, and Usep Suhud. 2018. “Workshop Teknik Menganalisis Butir Soal Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di SMK Cileungsi Bogor.” Jurnal pemberdayaan masyarakat madani 2(1): 136–53.

Supriyadi. 2013. UNG Press Gorontalo Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG Press Goromtalo. https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=5059232428618740961&hl=id&as_sdt=2005&sciodt=0,5.

Widiyanto, Joko. 2018. Evaluasi Pembelajaran Konsep, Prinsip & Prosedur.

Wulan, Ana Ratna. 2007. “Pengertian Dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, Dan Pengukuran.” Jurnal FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia: 1–12.

Downloads

Published

2022-06-26

Issue

Section

Artikel