Konsep Pembelajaran Pluralisme pada Anak Usia Dini dalam Buku Aku Anak Indonesia

Authors

  • Subur, Dwi Rohman Soleh, Musyafa Ali Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v4i1.2506

Keywords:

Concept, Learning, Pluralism, Early Childhood

Abstract

Indonesia merupakan negara yang majemuk, terdiri dari keragaman suku, ras, budaya dan agama. Keberagaman Indonesia harus dikenalkan, diajarkan dan ditanamkan sejak dini agar anak memiliki rasa cinta tanah air dan menghargai segala perbedaan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis konsep pembelajaran pluralisme pada anak usia dini dalam buku Aku Anak Indonesa karya Theresia Praditya. Penelitian ini merupakan Research Library dimana peneliti mereview buku-buku sebagai bahan penelitian. Sumber data diperoleh dari buku Aku Anak Indonesia, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap (1) reduksi data (2) penyajian (3) verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pembelajaran pluralisme dalam buku aku anak Indonesia karya Theresia Praditya diajarkan melalui, keseragaman pakaian, keragaman RAS, keragaman ibadah, keragaman budaya, dan konsep pengenalan lainnya yaitu melalui sikap sosial.

References

Anam, Ahmad Muzakkil. 2019. “Konsep Pendidikan Pluralisme Abdurrahman Wahid (Gus Dur).” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 17 (1): 81–97. https://doi.org/10.21154/cendekia.v17i1.1442.

Dan, Heri Cahyono, and Yeni Susanti. 2019. “Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Film Animasi Upin Ipin Episode Esok Hari Raya, Gong Xi Fa Cai,Dan Deepavali.” At-Tajdid 03 (01): 70–84.

Fikri, Hamdani Khaerul. 2015. “Analisis Konsep Pluralisme Abdurrahman Wahid Perspektif Pendidikan Islam.” El Hikam: Journal of Educarion and Religious Studies 8 (1): 47–72.

Fransiska. 2018. “Menumbuhkan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di Tk Graha Mulia Sintang.” Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 1–9.

Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Istianti, Tuti. 2018. “Pengembangan Keterampilan Sosial Untuk Membentuk Prilaku Sosial Anak Usia Dini.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (1): 32–38. https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10515.

Joniansyah. 2018. “Kabar Terakhir Biksu Legok Korban Persekusi.” Tempo.Co. 2018.

Kukuh, Thomas. 2019. “Ketika Warga Non-Muslim Ditolak Di Bantul, Dilatarbelakangi Soal Makam.” Merah Putih.Com. 2019. https://merahputih.com/post/read/ketika-warga-non-muslim-ditolak-di-bantul-dilatarbelakangi-soal-makam.

Kurniati, Asma, Imran Kudus, Marwah Marwah, and Hartati Hartati. 2020. “Pembelajaran Kearifan Lokal Pakaian Adat Suku Buton Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 1101–12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.737.

Kurniawan, Moh. Haitami Salim dan Syamsul. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Mantik, Aliyah. 2016. “Implementasi Nilai - Nilai Pluralisme Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Bangsa.” JPGMI 2 (1): 1–15.

Marta, Rustono Farady. 2017. “Refleksihibriditas Budayadalam Pancasila Pada Realitas Dan Media Sebagaiidentitas Bangsa.” Jurnal Bricolage 3 (1): 1–12.

Masruri, Eko Makhmud Hidayat. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Pluralisme Dalam Buku ‘Tuhan Tidak Perlu Dibela’ Karya Abdurrahman Wahid.” IAIN Purwokerto.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, Dahlia. 2016. “Mengembangkan Sikap Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif.” Jurnal Usia Dini 2 (1): 35–46.

Nata, Abudin. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nofianti, R. 2019. “Inovasi Media Pembelajaran Cerita Bergambar Dalam Upaya Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini PAUD Ummul Habibah Kelambir V Medan.” Jurnal Iliah Abdi Ilmu 12 (2): 112–18.

Nurcahya, Saputra Dwi. 2017. “Rekayasa Game Edukasi Pengenalan Pakaian Adat Di Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia 6-8 Tahun.” Faktor Exacta Universitas Indraprasta PGRI 10 (3): 257–65.

Rahmawati, Yulfrida. 2015. “Pengenalan Budaya Melalui Bercerita Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 1 (1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2908.

Ramdhani, Sandy, Nur Adiyah Yuliastri, Siti Diana Sari, and Siti Hasriah. 2019. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling Dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1): 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108.

Rohmatin, Tien. 2016. “Nilai-Nilai Pluralisme Dalam Buku Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Untuk Sekolah Menengah Atas ( SMA ).” Ilmu Ushuluddin 3 (1): 133–52.

Rosida, Kholifatur Rosida, Rimanda Maulivina Maulivina, and Siti Hajar Mab’ruro. 2021. “Interpretasi Konsep Pluralisme Pendidikan Islam Perspektif Nurcholish Madjid.” Jurnal Penelitian Keislaman 17 (1): 87–98. https://doi.org/10.20414/jpk.v17i1.2964.

Saihu, Made Made, and Abdul Aziz. 2020. “Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Belajea; Jurnal Pendidikan Islam 5 (1): 131. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1037.

Supiyah, Fadillah, and Dian Miranda. 2021. “Pengenalan Keberagaman Budaya Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Sungai Raya.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 10 (4): 1–8.

Sya, Meta, Rustono Farady Marta, and Ido Prijana Hadi. 2020. “Refleksi Pluralisme Melalui Film Animasi Si Entong Sebagai Identitas Budaya Indonesia.” Jurnal Riset Komunikasi 3 (1): 18–33. https://doi.org/10.24329/jurkom.v3i1.102.

Tabi’in, A. 2020. “Pengenalan Keanekaragaman Suku Agama Ras Dan Antar Golongan (SARA) Untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Anak Usia Dini.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 8 (2): 137. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7246.

Utomo, Arief Cahyo, Lisa Widyawati, Rika Supyanti, Nanda Guntur, Lely Aprillia Arin Dhita, Ayu Rahmadhanti, Ervha Arien Pratama, Akmalia Riskiana, Nadia Yuni Amilia, and Muhammad Marwan. 2020. “Pengenalan Kebudayaan Tradisional Melalui Pendidikan Seni Tari Pada Anak Usia Dini Di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo.” Buletin KKN Pendidikan 1 (2): 77–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10791.

Wikipedia. 2022. “Indonesia.” Wikipedia. 2022. https://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Artikel