Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran Daring di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v4i1.2525Keywords:
Kesantunan berbahasa, Pembelajaran daring, SD Muhammadiyah SuronatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa Indonesia antara guru dan siswa dalam pembelajaran daring melalui aplikasi zoom di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. Penelitian ini merujuk pada prinsip kesantunan yang dikembangkan oleh Geoffrey Leech. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas 4B SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan teknik rekaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di kelas 4B SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta terdapat berbagai pelanggaran-pelanggaran sesuai prinsip kesantunan Geoffrey Leech dengan 6 maksim. Maksim kearifan ditemukan pelanggaran 4 maksim, maksim kedermawaan ditemukan pelanggaran 1 maksim, maksim pujian ditemukan pelanggaran 4 maksim, maksim kerendahan hati ditemukan pelanggaran 1 maksim, maksim kesepakatan ditemukan pelanggaran 2 maksim, dan maksim simpati ditemukan pelanggaran 1 maksim. Sehingga, jumlah keseluruhan pelanggaran terdapat 13 maksim. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa siswa-siswa di SD Muhammadiyah Yogyakarta memiliki tingkat kesantunan berbahasa yang tinggi karena jumlah pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan saat pembelajaran daring hanya berjumlah 13.
Downloads
References
Andianto, M.Rus, dkk. (2020). Pembelajaran Kesantunan Berbahasa di Era Menuju Indonesia Emas. Jurnal Alinea, 9 (1), 23-36.
Anggraini, Novia, dkk. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas X MAN 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 3 (1), 42-54.
Basri, Merri Silvia dkk (2021). Kesantunan Berbahasa: Studi pada Pembelajaran Daring. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7 (1), 242-248.
Cahyani, Desy Nur dan Fathur Rokhman. (2017). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi di Lingkungan Universitas Tidar: Kajian Sosiopragmatik. Jurnal Seloka, 6 (1), 44-52.
Daniel, Yoseph Fileks Gerado, dkk. (2020). Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia: Prinsip Kesantunan Goffrey Leech. Jurnal Carwaji, 5 (1), 1-8.
Darliah, Iis dkk. (2013). Kesantunan Berbahasa dalam Buku Ajar dan Sastra Indonesia untuk SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2 (9), 1-15.
Doko, Yunitha Devrudyan, dkk. (2017). Kesantunan Berbahasa dalam Kumpulan Cerita Rakyat Nusa Tenggara Timur. Jurnal Retorika, 3 (1), 159-169.
Febriasari, Diani dan Wenny Wijayanti. (2018). Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo, 2 (1), 140-156.
Jauhari, Ade. (2017). Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Kelas XI SMK. Jurnal Lingtera, 4 (2), 112-121.
Gee, James Paul. (1993). An Introduction to Human Language: Fundamental Concepts in Linguistics. New Jersey: Prentice-Hall.
Mahsun. (2013). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Melia. (2019). Prinsip Kesantunan Berbahasa Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8 (1), 110-123.
Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael.(1992). Analisis Data Kualitatif (Terjemahan). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Rama, Ening Nanda. (2017). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Wacana Humor di Internet (Tinjauan Pragmatik). Jurnal Bahastra, 1 (2), 17-26.
Rismawati, Sri Devi dkk. (2019). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Samudra. Jurnal Samudra Bahasa, 2 (1), 9-17.
Suntoro. (2019). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa pada Dosen dalam Wacana Komunikasi Whatsap di STABN Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (1), 39-46.
Suriasumantri, Jujun.( 2003). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Tarmini, Wini dan Imam Safii. (2018). Kesantunan Berbahasa Civitas Academica UHAMKA: Kajian Sosio-Pragmatik. Jurnal IMAJERI, 1 (1), 77-91.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.