Konstruksi Rancangan Penilaian Kognitif Materi Teks Prosedur (Indikator Berpikir Kritis)

Authors

  • Fahri Putra Pratama Hidayat, Albertus Sinaga, Akhyaruddin Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v4i1.2546

Keywords:

Rancangan Penilaian Kognitif, Teks Prosedur, Indikator Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Rancangan Penilaian Kognitif pada Materi Teks Prosedur Menggunakan Indikator Berpikir Kritis Oleh Guru Bahasa Indonesia Di SMA Negeri 10 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 kota Jambi Pada Maret 2022. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia kelas XI (sebagai data utama) dan dokumentasi (sebagai data pendukung). Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum guru melaksanakan penilaian terhadap peserta didik, guru akan mempersiapkan rancangan penilaian yaitu menentukan rancangan penilian dan membuat instrument penilaian. Dalam penelitian ini guru hanya menggunakan tiga indikator berpikir kritis dalam merancang penilaian kognitif yakni menyiapkan (1) contoh teks prosedur dengan langkah-langkah yang acak, (2) Memberikan tema/ide membuat teks prosedur dan (3) Membuat instrument penilaian.. Hasil penelitian ini disarankan untuk guru sebagai tolok ukur agar kedepannya lebih ditingkatkan lagi mengenai pelaksanaan rancangan penilaian kognitif pada materi teks prosedur menggunakan indikator berpikir kritis. Kemudian untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk memenuhi dari lima indikator berpikir kritis.

References

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers

Ennis, Roberth H. 2015. Critical Thingking The Palgrave Handbook Of Critical Thingking In Higher Education, Palgrave Macmilan

Fisher, A. 2009. Berfikir Kritis Dalam Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muryati, S. 2021. Tuturan Direktif Guru Dalam Pembelajaran Sebagai Sarana Pendidikan Karakter.

Saroni, M. 2011. Personal Branding Guru. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Turban, Efraim. 2010. Decision Support and Busines Intelegence System Required.

Turban, Efraim & Linda. 2010. Information Technology For Management. Edisi Ketujuh. Asia: John Willey & Sons.

Zakiah, L, & Lestari, I. 2019. Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. BOGOR: Erzatana Karya Abadi.

Tarigan, Harny Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: CV Angkasa

Riyanti, S., Susetyo, S., & Wardhana, D. E. C. (2019). Korelasi antara Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 42-51.

AMALIAH M, A. (2018). Analisis Penggunaan Konjungsi dalam Karangan Teks Prosedur Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Jeneponto (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Wati, I. (2021). Menulis teks prosedur melalui pembelajaran jarak jauh (daring) siswa kelas VII SMP negeri 30 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas jambi).

Downloads

Published

2022-06-26

Issue

Section

Artikel