Stimulasi Keterampilan Abad Ke-21 bagi Siswa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v4i1.2550Keywords:
keterampilan abad 21, kompetensi, literasi dasar, buku teksAbstract
Kurikulum pendidikan perlu memberikan bekal pada siswa agar siap menghadapi kehidupan di era society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan stimulasi keterampilan abad ke-21 bagi siswa dalam bidang kompetensi dan literasi dasar. Data penelitiannya adalah kalimat yang menggambarkan kegiatan siswa dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang mencakupi kemampuan berpikir kritis & pemecahan masalah, berkarya kreatif, berkolaborasi, dan mengomunikasikan (4C) dan literasi dasar yang mencakupi literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi digital, literasi sains, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas XI susunan Suherli, dkk. Buku tersebut diterbitkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca-catat dan analisis penelitiannya analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan siswa yang mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam hal kompetensi 4C sangat intensif. Sedangkan dalam hal literasi baca tulis sangat intensif, literasi sains, literasi numerasi, & literasi finansial belum intensif, dan literasi digital belum ada.
Downloads
References
Ariyana, Yoki, dkk. 2017. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir
Tingkat Tinggi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Atmazaki, dkk. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Helaluddin. 2018. “Desain Literasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Jurnal Estetik. 1 (2):
Pangesti, Fitraning Tyas. Puji. 2018. “Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS”. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. 5 (9)
Rahayuninngtyas, D I, Mustadi, A 2018. Analisis Muatan Nilai Karakter pada Buku Ajar Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. 9 (2): 123-139. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21848
Rivolan. 2019. Pembelajaran Inovatif Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UNIMED halaman 482-505.
Sibarani, Risky Agustina Maria, dkk. 2019. “Pentingnya Literasi Sains bagi Siswa di Era Revolusi Industri 4.0”. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2019. Optimalisasi Kualitas Pembelajaran Abad 21 di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menghasilkan Pendidikan yang Profesional.
Suherli, Maman Suryaman, Aji Septiaji,Istiqomah. 2014. Bahasa Indonesia SMA Kelas XI. Jakarta: Kemendikbud.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Widodo, A, Dyah Indraswati, Mohamad Sobri. 2019. Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku SD/MI Kelas V Subtema 1 Manusia dan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 8 (2): 125-133. DOI:10.18592/tarbiyah.v8i2.3231
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.