Nilai Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka

Authors

  • Sri Muryati Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Moh Zein Musa Sekolah Bersepadu Musa-Asiah, Cambodia
  • Titik Sudiatmi Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Muhlis Fajar Wicaksana Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Pardyatmoko Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v6i1.4553

Abstract

Buku pelajaran merupakan sarana pembelajaran penting karena disusun dan ditujukan dalam upaya mewujudkan capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan lingkungan hidup bagi siswa yang memakai buku Kombi: Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X yang disusun oleh Mafrukhi, dkk. terbitan Erlangga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan analisis datanya menggunakan analisis isi dengan model interaktif. Langkah analisis datanya yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Penelitian ini menghasilkan bentuk pendidikan lingkungan hidup berupa kegiatan berbahasa yakni (a) pemberian kesempatan berpikir kritis dalam memecahkan masalah lingkungan, (b) penyelesaian masalah lingkungan hidup secara terpadu dalam aspek politik, sosial, dan budaya, (c) meningkatkan kepekaan pada lingkungan dalam pengetahuan, keterampilan memecahkan masalah, dan klarifikasi nilai, (d) peningkatan wawasan lingkungan hidup pada masalah nasional dan internasional, (e) peningkatan keterampilan menganalisis masalah lingkungan yang timbul ditinjau dari aspek perilaku manusia, dan (f) melakukan kegiatan alternatif menyelesaikan masalah lingkungan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum merdeka yang diteliti memberikan penguatan nilai pendidikan lingkungan hidup siswa pemakainya dan terdapat dalam bab teks laporan hasil observasi dan teks eksposisi dalam hal perumusan topik, isi teks, dan kegiatan belajar.

Published

2024-07-22

Issue

Section

Artikel