Analisis Kinerja Pelayanan Stasiun Solo Balapan dalam Transportasi Tatanan Baru (New Normal)

Authors

  • Rizky Dwi Cahyanto Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/modulus.v2i2.1470

Abstract

Stasiun Solo Balapan yang berada di area Karisidenan Surakarta, termasuk stasiun solo balapan dengan tipe A  yang sudah memenuhi standar yang berlaku menurut PM. 48 Tahun 2015. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja pelayanan dan fasilitas yang dianggap penting dalam menentukan kepuasan para penumpang dan pengguna fasilitas di Stasiun Balapan Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No. 48Tahun 2015. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hasil uji validitas 30 pertanyaan lebih besardari nilai tabel Product Moment Pearson untuk 100 sampel dengan taraf kesalahan 5% yaitu sebesar 0,1946, sehingga data kuisioner dapat dikategorikan valid. Hasil pengujian Data Realibilitas yang diperoleh menunjukkan bahwa koefisien alpha (Cronbach’s Alpha) kuisioner sebesar 0,743. Hal ini dapat dikategorikan bahwa kuisioner tersebut memiliki reliabilitas yang tinggi karna Cronbach's Alpha (0,743) lebih tinggi dari rtabel (0,1946). Dari hasil analisis kinerja pelayanan yang mengacupada PM. 48 Tahun 2015, dibuktikan dari banyaknya kinerja pelayanan stasiun solo balapan yang telah memenuhi standar. Dari hasil 6 jenis pelayanan yang terdiri dari 19 butir pertanyaan yang telah memenuhi keteria dengan skor antara 1-4 dengan keteria berdasar kansekala liket. Berdasarkan hasil olah data dari 17 pertanyaan dengan skor nilai 4 atau sangat baik dan 2 pertanyaan lainnya dengan skor nilai 3 baik. Dari hasil analisis penelitian yang telah dilaksanakan mendapatkan kesimpulan bahwa kepuasan penumpang terhadap fasilitas yang diberikan oleh Stasiun Solo Balapan dengan skala rata-rata sebesar 3-4 yang berartikinerjanyasudahbaik. Hasil uji reliabilitas menunjukan nilai Cronbach’sAlpha 0,743. Sehingga dinyakan reliabilitas tinggi, derajat hubungan hasil uji korelasi yaitu 0,963 sehingga bias disimpulkan bahwa hubngan antara variable x dan y korelasinya sempurna.

Author Biography

Rizky Dwi Cahyanto, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo

Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo

References

Black, 1981, Perencanaan, Permodelan dan Rekayasa Transportasi, Penerbit UNIKOM, Bandung.

Darmawan, Deni (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Kedua. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Ghozali. Imam., 2009, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang UNDIP.

Miro, F, 2012, Pengantar Sistem Transportasi, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Morlock, Edward K. (1985), Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Peraturan Menteri Perhubungan PM. 48 Tahun 2015. (n.d.).

Tamin, O. Z. (2003). Perencanaan dan pemodelan Transportasi. ITB.

Undang - Undang ditjenka kemenhub no 14 Tahun 2020. (n.d.).

utomo, D. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Utomo, D. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

zelnik, J. p. (1979). Human dimension And Interior Space. Jakarta Erlangga.

Published

2020-12-31

Issue

Section

Artikel