Perencanaan Peningkatan Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Petuk (STA 15+050 – STA 15+500) Kec. Penfui Kota Kupang Menggunakan Metode Bina Marga 2017

Authors

  • Pandji Thoha S. Balido Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Narotama Surabaya
  • Sri Wiwoho Mudjanarko Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Narotama Surabaya
  • Hendramawat Aski Safarizki

DOI:

https://doi.org/10.32585/modulus.v3i1.1784

Abstract

Perkerasan lentur (flexible pavement) adalah sistem perkerasan jalan dimana konstruksi terdiri dari beberapa lapisan. Tiap-tiap lapisan perkerasan pada umumnya menggunakan bahan maupun persyaratan yang berbeda sesuai dengan fungsinya yaitu, menyebarkan roda kendaraan sedemikian rupa sehingga dapat ditahan oleh tanah dasar. Aspal sebagai bahan pengikat merupakan material penting dalam konstruksi perkerasan jalan. Perkerasan jalan di Indonesia sebagian besar menggunakan aspal minyak dengan Penetrasi 60/70. Akan tetapi penggunaan aspal konvensional masih memiliki kelemahan, salah satunya adalah perkerasan jalan tidak mampu menahan beban lalu lintas berlebih dan temperatur tinggi. Penggunaan Asbuton modifikasi (Retona) diharapkan dapat mengatasi kelemahan aspal konvensional tersebut. Aspal Retona dikembangkan melalui proses penyulingan dan ekstraksi Asbuton guna mempertinggi kualitas aspal. Penelitian ini dilakukan di laboratorium PT. Alam Indah Cendana Lestari, Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja terhadap ruas jalan petuk. Perkerasan jalan tidak mampu menahan beban lalu lintas berlebih dan temperatur tinggi. Perencanaan perkerasan jalan ini adalah untuk mendapatkan tebal struktur perkerasan lentur dengan menggunakan metode Bina Marga 2017.

Author Biography

Hendramawat Aski Safarizki

Prodi Teknik Sipil Universitas Veteran Bangun Nusantara

References

Andriansyah. 2016. Optimalisasi Tebal Perkerasan Pada Pekerjaan Pelebaran Jalan dengan Metode MDPJ 02/M/BM/2013 dan Pt T-01-2002-B. Universitas Lampung. 2016

Budiono, 2012, (Analisis Kerusakan Jalan Dengan Metode PCI dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus Ruas Jalan Purwodadi –Solo Km 12 + 000 – Km 24 + 000), Skripsi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Binamarga 2017. Manual Desain Perkerasan 2017.

Kementerian Pekerjaan Umum, 2002, Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Pt T-01-2002-B, Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta.

Shirley L. Hendarsin,2000, Perencanaan Teknik Jalan Raya, Penerbit Politeknik Negeri Bandung Jurusan Teknik Sipil,Bandung.

Sri Wiwoho, Sigit and Arthur, Universitas Muhammadiyah Jakarta. 2017. Sistim Pakar Pemilihan Model Perbaikan Perkerasan lentur Berdasarkan Indeks Kondisi Perkerasan (PCI).

Sukirman Silvia, 1999,Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Artikel