Optimasi Waktu Sandar Kapal Untuk Meningkatkan Kinerja Pelayanan Di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Authors

  • Amilia Lalita Ivana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hary Moetriono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32585/modulus.v3i1.1801

Abstract

Transportasi laut merupakan sarana penting diberbagai bidang, antara lain adalah bidang ekonomi, sosial, keamanan, dan lain-lain. Prasarana paling penting dalam keberlangsungan transportasi laut adalah pelabuhan. Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak merupakan terminal barang yang melayani domestik dan internasional. Dalam menjaga pelayanan pelabuhan agar berjalan tetap optimal, maka perlu menghindari waktu tunggu kapal. Penelitian ini bertujuan untuk membuat strategi optimasi waktu sandar kapal dengan mengoptimalkan pelayanan pengangkutan. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan dan mengevaluasi data bongkar muat selama 6 tahun terakhir (tahun 2011 sampai 2017). Analisa pelayanan di terminal Jamrud pelabuhan Tanjung Perak dilakukan dengan menggunakan metode pemrograman linier dan model metode model antrian. Hasil output yang utama adalah optimasi waktu sandar kapal. Hasil hasil analisis deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk meminimalkan waktu sandar kapal mendapatkan solusi yaitu dengan penambahan 50% NOT (Not Operation Time), 75% NOT (Not Operation Time), dan 100% NOT (Not Operation Time) pada ET (Efektif Time), maka efektivitas untuk semua jenis muatan di semua dermaga di Terminal Jamrud sesuai dengan SOP yaitu 70%. Dan juga dengan penambahan 50% IT (Idle Time) dan 50% NOT (Not Operation Time) pada ET (Efektif Time), penambahan 75% IT (Idle Time) dan 75% NOT (Not Operation Time) pada ET (Efektif Time) dan penambahan 100% IT (Idle Time) dan 100% NOT (Not Operation Time) pada ET (Efektif Time) efektivitas sudah sesuai dengan SOP yaitu 70%

References

Ahmad, Aulia., dan Muhammad Mashuri. 2016, Analisis Sistem Antrian Kapal Pengangkut Barang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 5 No.1.

Andriani, Irawati. 2011, Optimalisasi Waktu Sandar Penyebrangan Untuk Meningkatkan Kinerja Pelayanan di Pelabuhan Merak-Bakauheni, Tesis. Progam Transportasi Pascasarjana. Jakarta: Universitas Indonesia.

Arikunto, Suharsimi, 1993, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 5 Tahun 2005 Tentang Asas Cabotage.

Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor : KM. 49 Tahun 2005 Tentang SISTRANAS (Sistem Transportasi Nasional).

Keputusan Menteri Republik Indonesia No.19 Tahun 2006 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 62 Tahun 2002 Tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Departemen Kelautan dan Perikanan.

Peraturan bersama Mendag Republik Indonesia dan Menhub Republik Indonesia No. 20/MDAG/4/’06 Tentang Pengangkutan Barang/Muatan Impor Milik Pemerintah Oleh Perusahaan Angkutan Laut Nasional.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 82 Tahun 1999 Tentang Angkutan Perairan.

Sudijono, Anas, 1987, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Suparsa, I Gusti Putu. 2009, Optimasi Kinerja Pelabuhan Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk, Jurnak Ilmiah Teknik Sipil Universitas Udayana, Vol. 13, No. 1.

Triatmodjo, Bambang. 2010, Perencanaan Pelabuhan, Beta Offset., Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 17 tahun 2008 Tentang Pelayaran.

Wijaya, Oki Endrata. 2016, Optimasi Tingkat Pelayanan Dermaga Pada Pelabuhan Bakauheni Lampung, Tesis., Program Pascasarjana Teknik Sipil., Lampung : Universitas Lampung.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Artikel