Optimasi Waktu Kerja, Lokasi Disposal, dan Jumlah Peralatan PTM untuk Meningkatkan Kinerja Waktu dan Biaya

Authors

  • Andhirta Kurnia Rizma Politeknik Negeri Jakarta
  • Afrizal Nursin Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta
  • Pandit Purnajuara Site Commercial Administration and Risk Manager, PT X, Proyek Jalan Tol Cisumdawu Phase II

DOI:

https://doi.org/10.32585/modulus.v3i2.1816

Abstract

Proyek harus selesai dalam jangka waktu yang telah ditentukan dengan menggunakan biaya seminimum mungkin. Salah satu pengeluaran biaya terbesar adalah penggunaan peralatan PTM. Pada Proyek Jalan Tol Cisumdawu Phase II terdapat keterlambatan dalam penyelesaian pekerjaan gali dan buang tanah. Keterlambatan diakibatkan adanya produksi peralatan PTM di lapangan yang tidak sesuai dengan rencana. Hal ini akhirnya mengakibatkan durasi pekerjaan gali dan buang tanah menjadi bertambah. Semakin lama durasi pekerjaan, semakin besar juga biaya penggunaan peralatan PTM. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai optimasi penggunaan peralatan PTM. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Menganalisis kombinasi penggunaan peralatan pemindahan tanah mekanis untuk mencapai kondisi optimal. (2) Menentukan waktu tercepat pada pekerjaan gali dan buang tanah. (3) Menentukan biaya minimum pada pekerjaan gali dan buang tanah. Pemilihan peralatan PTM yang optimal dilakukan dengan menentukan lokasi disposal, waktu kerja, dan jenis alat, serta menghitung masing-masing biaya, waktu dan jumlah peralatan PTM pada pekerjaan gali dan buang tanah pada proyek pembangunan Jalan Tol Cisumdawu Phase II. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Dari hasil penelitian didapatkan kombinasi peralatan PTM yang optimal yaitu kombinasi alternatif 18 dengan lokasi disposal Girimukti, waktu kerja lembur, dan jumlah alat excavator PC300 3 unit, dumptruck fm260JD 9 unit, dan bulldozer D65E 2 unit dapat menyelesaikan pekerjaan gali dan buang tanah dengan durasi total 46 hari atau lebih cepat 283 hari dari kombinasi eksisting dan biaya total sebesar Rp 5,535,309,367 atau berkurang 76.24% dari kombinasi eksisting.

References

Dwiyanto, Priyono, E.Y., Pranoto, S., 2009, Pemindahan Tanah Mekanis, Semarang, Universitas Diponegoro.

Fatena, Susy, 2008, Manajemen Alat Berat untuk Konstruksi, Jakarta, Rineka Cipta.

Kalengkongan, B.B., 2020. Analisa Perhitungan Produktivitas Alat Berat Pada Pekerjaan Pematangan Lahan Pembangunan Tower Sutet Likupang-Paniki. Jurnal Sipil Statik, vol.8, no.1, hh. 99-106.

Kementerian PUPR, 2016 Lampiran Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 28/PRT/M/2016 Tentang Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum, Indonesia.

Kholil, Ahmad, 2012, Alat Berat, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Kursin, 2008, Pemindahan Tanah Mekanis dan Alat Berat, Semarang, Universitas Semarang.

Purwanto, T., Wiranto, P., & Lukman, H., 2016, Produktivitas Alat Berat Pada Pembangunan Jalan Ruas Laratlamdesar Provinsi Maluku, Jurnal Online Mahasiswa Universitas Pakuan, vol.1, no.1.

Ramadhani, A., Hasyim, M.H., & Harimurti, 2017, Optimalisasi Penggunaan Alat Berat Pada Pekerjaan Galian Tanah Di Proyek Tol Nganjuk - Kertosono, Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya, vol.1, no.2, hh. 1362-1370.

Shinta, A.C., Harimurti, & Hasyim, M.H., 2017, Optimalisasi Penggunaan Alat Berat Pada Proyek Tol Pandaan - Malang, Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya, vol.1, no.2, hh. 1371-1378.

Tenrisuki, Andi, 2003, Pemindahan Tanah Mekanis, Jakarta, Universitas Gunadarma.

Tim Prima Pena, 2015, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hh. 562, Jakarta, Gita Media Press.

Thayeb, M.A., 2015, Perencanaan Alat Berat Pada Pekerjaan Tanah Proyek Pembangunan Packing Plant PT Semen Indonesia Di Balikpapan, Thesis, Teknik Sipil, Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Turalaki, S.S., Tjakra, J., & Inkiriwang, R.L., 2018, Optimalisasi Penggunaan Alat Berat Terhadap Biaya Pekerjaan Cut & Fill Proyek Perumah, Jurnal Sipil Statik, vol.6, no.6, hh. 431-440.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Artikel