Evaluasi Kapasitas Kepala Jembatan Akibat Perubahan Beban Gempa Rencana Sesuai SNI 2833:2016

Authors

  • Fachri Pangestu Politeknik Negeri Jakarta
  • Andi Indianto Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/modulus.v3i2.1822

Abstract

Pelaksanaan kepala jembatan X dilakukan di tahun 2015 yang direcanakan pada tahun 2013 masih menggunakan peraturan yang terdahulu yaitu SNI 2833:2008. Sehubungan dengan dikeluarkanya peraturan baru yaitu SNI 2833:2016 maka terdapat perubahan beban gempa rencana dari peraturan lama ke baru sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap kapasitas kepala jembatan terhadap beban gempa rencana sesuai SNI 2833:2016 dan dilakukan justifikasi perkuatan apabila kepala jembatan tidak layan menerima beban yang bekerja . Evaluasi kapasitas kepala jembatan dilakukan dengan cara melakukan pengecekan terhadap kapasitas dimensi, kapasitas tulangan, kapasitas daya dukung pada  pondasi dan lendutan menggunakan software SAP2000 untuk menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kapasitas pada dimensi kebutuhan tulangan didalam dimensi kepala jembatan masih memadai di semua bagian, kapasitas tulangan yang terpasang disetiap bagian kepala jembatan lebih besar dari hasil analisis sehingga masih kuat menahan beban yang bekerja, kapasitas daya dukung pondasi yang lebih kecil dibandingkan dengan daya dukung izin dan lendutan yang terjadi dibawah yang diizinkan, maka kepala jembatan masih kuat menerima beban yang bekerja sehingga tidak dilakukan justifikasi perkuatan.

Author Biography

Fachri Pangestu, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Teknik Sipil, Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan

References

Kastama, Y. F., Sudika, I. G. M., & Astarian, N. K. (2016). Perbandingan Perilaku Struktur Beton Bertulang Terhadap Beban Gempa Berdasarkan SNI 03-1726-2002 dan 03-1726-2012.

Wulandari S. 2013. Analisis Dan Evaluasi Struktur Atas Tower C Grand Center Point Apartment Terhadap Beban Gempa Berdasarkan Peta Gempa Indonesia 2010 .Skripsi. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Rizki, Nindi (2020). Tinjauan Kapasitas Abutment Jembatan Sengkaling Malang Dengan Beban Gempa. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Indianto. A. (2020). Modul Kuliah Konstruksi Jembatan 1. Jakarta : Politeknik Negeri Jakarta.

Supriyadi (2007). Modul Kuliah Jembatan . Manado : Universitas Katholik Della Salle.

Chen, Wai Fah, Duan, Lian. (2000). Bridge Engineering 1 Handbook. London.

Wilis, Widya Lely (2019) Studi Alternatif Perencanaan Abutment Dan Pondasi Bored Pile Pada Jembatan Sambirejo STA 163+144 Tol Solo - Kertosono Fase 1. Skripsi thesis, ITN Malang.

Suhairiani, Roesyanto, Iskandar, R. (2017). “Analisis Perbandingan Daya Dukung Hasil Loading Test Pada Bore Pile Diameter Satu Meter Tunggal Dengan Metode Elemen Hingga Memakai Model Tanah Mohr Coulomb Pada Proyek Crystal Square Medan”. Jurnal Education Building. ISSN: 2477-4898. Volume 3, Nomor1.

Siregar, Muhammad Fahmi. (2018). Analisis Daya Dukung Dan Penurunan Elastik Pondasi Tiang Bor (Bored Pile) Dengan Menggunakan Metode Analitis Dan Software Plaxis V.8.6 (Studi Kasus Proyek Jalan Layang Kereta Api Medan Bandar Khalipah KM 0+600). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2011). Pedoman Konstruksi dan Bangunan no. 024/BM/2011 : Penentuan Nilai Kapasitas Jembatan.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2020). Surat Edaran Nomor : 04/SE/Db/2020 tentang Panduan Teknis Evaluasi Struktur Jembatan Untuk Dispensasi Penggunaan Jalan Yang Memerlukan Perlakuan Khusus.

Badan Standarisasi Nasional. (2016). SNI 1725-2016 Pembebanan Untuk Jembatan. Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional. (2016). SNI 2833:2016 Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa. Jakarta.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Artikel