ANALISA KERUSAKAN JALAN PURWODADI – SOLO STA 80+000 S/D STA 82+000

Authors

  • Noor Dewi Yuliani DPUPR Kabupaten Grobogan

DOI:

https://doi.org/10.32585/modulus.v1i2.567

Abstract

Jalan adalah penghubung antara dua tempat atau lebih yang dapat memperlancar hubungan perekonomian, sosial, budaya dan memperlancar pembangunan suatu daerah. Namun, sarana ini seringkali mengalami kerusakan. Oleh karena itu perlu dilakukan tinjauan untuk mengetahui jenis kerusakan dan tingkat kerusakan jalan tersebut. Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Purwodadi – Solo STA 80+000 s/d STA 82+000 dengan panjang ruas jalan 2 km ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan menggunakan metode “Pavement Condition Index (PCI)” dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen yaitu 120 m. Kemudian, tiap segmen jalan dilakukan pengamatan (secara visual) dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan penilaian sesuai dengan metode PCI. Dari Hasil pengamatan diperoleh jenis kerusakan berupa (Corner Break), Joint Seal, retak memanjang, pemompaan (Pumping), Punch-Out, Penurunan/Patahan (Seulentent Faulting), Popouts, Scaling, Shrinkage, Spalling corner, Polished aggregats, Patching, Divided slab, durabililty crack, dan Spalling joint. Perbaikan dari kerusakan jalan tersebut dilakukan pengisian retak, laburan aspal, dan penambalan. Nilai PCI dari Jalan Purwodadi – Solo STA 80 + 000 s/d STA 82+ 000 adalah 34 dan berada pada kategori Jelek.

References

A. Sirait, R.B., S., S.A., Sulandari, E., 2017. Analisa Kondisi Kerusakan Jalan Raya pada Lapisan Permukaan (Studi Kasus : Jalan Raya Desa Kapur, Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat). J. Mhs. Tek. Sipil Univ. Tanjungpura.

Bolla, M.E., 2012. Perbandingan Metode Bina Marga Dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kaliurang, Kota Malang. J. Tek. Sipil.

Hardiyatmo, H.C, 2007. Pemeliharaan Jalan raya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hendarsin, Shirley L, 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya, Jurusan Teknik. Sipil Politeknik Negeri Bandung, Bandung.

Limantara, A.D., Winarto, S., Mudjanarko, S.W., 2017. Sistem Pakar Pemilihan Model Perbaikan Perkerasan Lenturberdasarkan Indeks Kondisi Perkerasan (Pci). Semin. Nas. dan Teknol. Fak. Tek. Universtas Muhammadiyah Surakarta.

Oglesby, Clarkson H, 1999. Teknik Jalan Raya, Jilid 1. Jakarta: Gramedia.

Ramli, Y., Isya, M., Saleh, S.M., 2018. Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus Ruas Jalan Beureunuen – Batas Keumala). J. Tek. Sipil. https://doi.org/10.24815/jts.v1i3.10037

Shahin, M.Y., 2005. Pavement management for airports, roads, and parking lots: Second edition, Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots: Second Edition. https://doi.org/10.1007/b101538

Suswandi, A., Sartono, W., Christady H, H., 2008. Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Methode Pavement Condition Index (PCI) Untuk Menunjang Pengambilan Keputusan (Studi Kasus: Jalan Lingkar SeLatan, Yogyakarta). Civ. Eng. Forum Tek. Sipil.

Wirnanda, I., Anggraini, R., Isya, M., 2018. Analisis Tingkat Kerusakan Jalan dan Pengarunya Terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus: Jalan Blang Bintang Lama Dan Jalan Teungku Hasan Dibakoi). J. Tek. Sipil. https://doi.org/10.24815/jts.v1i3.10000

Published

2019-12-31

Issue

Section

Artikel