Tingkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Kartu Berwarna “Kabe”
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustien, Didink dan Razak, Abdul. 2020. “Efektivitas Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sd Islam Al-Azhar 47 Samarinda Pada Masa Pandemi Covid-19.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 5 (1): 39. doi.org/10.35931/am.v5i1.395.
A. Zam Immawan, and Herman Alimuddin. 2017. “Keefektifan Alat Peraga Kartu Kotif Dalam Memudahkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene.” EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika 7 (02): 11–21. doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4212.
Faot, Imanuel Yerobeam. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga ‘Sendiri’ Pada Siswa Kelas Iv Sd Inpres Tobu.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10 (2): 330–38. doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8223.
Idris, N. Enhancing Students’ Understanding In Calculus Trough Writing. International Electronic Journal of Mathematics Education. 2009, Vol. 4 No. 1, pp: 39
Lisman, Lisman, and Wahyuni H Mailili. 2019. “Penggunaan Alat Peraga Mistar Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 8 Labuan Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat.” Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (2): 34–40. doi.org/10.31970/gurutua.v2i2.37.
Mahmuda, Adzra Afifah, Maylinda Dwi Astuti, Akmal Hisyam Mikdadi, Achmad Ryan Ma’sum Saputra, and Darmadi Darmadi. 2021. “Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Mengenai Materi Bilangan Bulat Di Kalangan Sd Pada Masa Pandemi.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 4 (1): 90–96. doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1827.
Mandasari, Novianti, and Elya Rosalina. 2021. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (3): 1139–48. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/831.
Ramlan, A. 2012. Bahan dan Media Pembelajaran Matematika. Bandung: FKIP UNPAS
Razak, Abdul, and Rumainur Rumainur. 2018. “Efektivitas Penggunaan Multimedia Auto Play Etnik Kalimantan Timur Terhadap Hasil Belajar Matematika Sd Fastabiqul Khairat Kelas Vi Di Kota Samarinda.” JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) 2 (1): 87. doi.org/10.32934/jmie.v2i1.54.
Risnayati, Cik. 2021. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media.” Jurnal Wahana Pendidikan 8 (1): 91. doi.org/10.25157/wa.v8i1.4710.
Sedán, Pastrana. 2020. Badan Amil Zakat Nasional, Laporan Perubahan Liabilitas D A N Dana, Laporan Keuangaii, Yang Beraktiir, Human Relief, et al. 2020. ” Journal of Chemical Information and Modeling 21 (1): 1–9. doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0A
Sundayana, R. 2014. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Widyastuti, Laras Retno, Lina Revilla Malik, and Abdul Razak. 2020. “Efektivitas Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika 9 (1): 19–24. doi.org/10.30872/primatika.v9i1.247.
Wildanti, Yunita. 2015. “Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Alat Peraga.” Elementary I (1): 33–40.
Yohana Benge, Natalia Peni, Konstantius Denny Pareira Meke. 2021. “Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Smp Kristen Ende Tahun Pelajaran 2021/2022.” MEGA, Jurnal Pendidikan Matematika 2: 96–98. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mega/article/view/500/334.
DOI: https://doi.org/10.32585/absis.v4i2.2531
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Abdul Razak Razak, Rumainur Rumainur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Absis: Mathematics Education Journal
ISSN 2686-0104 (print)| 2686-0090 (online)
Universitas Veteran Bangun Nusantara
Jl. Letjen. S. Humardani No. 1 Jombor, Sukoharjo, Central Java, Indonesia
W: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/absis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.