ANALISIS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PRINGGABAYA

Authors

  • Muliadi muliadi Universitas Hamzanwadi
  • Hartini Haritani - Haritani Program Studi Pendidikan Dasar Program Magister Pascasarjana Universitas Hamzanwadi
  • Nuraini - - Program Studi Pendidikan Dasar Program Magister Pascasarjana Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i1.2553

Keywords:

Supervisi Akademik, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dan diimplementasikan oleh guru kelas III dan VI. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen hasil supervisi akademik yang dilakukan oleh 11 kepala sekolah dan dokumen administrasi pembelajaran yang disusun oleh 22 guru. Penelitian ini dilaksanakan pada 11 sekolah dasar negeri dan swasta di kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja supervisi akademik kepala sekolah dilaksanakan mulai dari tugas persiapan, pelaksanaan, penilaian, rencana tindak lanjut dan pelaporan dalam katagori baik dan sangat baik kecuali pada dua orang kepala sekolah masih dalam katagori cukup. Implementasi hasil supervisi akademik kepala sekolah terhadap12 kewajiban proses pembelajaran dapat dikatagorikan baik, kecuali pada pemanfaatan media pembelajaran dan LKPD masih perlu ditingkatkan sehingga dapat meningkatkan kinerja guru sekolah dasar negeri dan swasta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ballu, S. S., Manu, L., & Meha, A. M. (2021). Analisis Peran Supervisi Akademik Kepala Sekolah Kepada Guru IPA DI SMP Negeri 20 Kupang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 20–26.

Djuhartono, T., Ulfiah, U., Hanafiah, H., & Rostini, D. (2021). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kejuruan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 101–115.

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26–33.

Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 75–85.

Kusumawati, D. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran PAUD. Satya Widya, 32(1), 41–48.

Prastania, M. S., & Sanoto, H. (2021). Korelasi antara Supervisi Akademik dengan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 861–868.

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Universitas Islan Jakarta.

RISKI, A. (2019). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Aulia Riski.

Suhayati, I. Y. (2013). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1).

Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13–29.

Downloads

Published

2023-05-09

Issue

Section

Artikel