PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENGAPLIKASIKAN POWER POINT DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SDN 1 WONOHARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v3i2.752Abstract
Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah 1) Pengaplikasian microsoft power point melalui in house training dapat meningkatkan proses pelaksanaan kompetensi guru dalam pembelajaran di SDN 1 Wonoharjo tahun pelajaran 2019/2020. 2) Pengaplikasian microsoft power point melalui in house training dapat meningkatkan kompetensi guru pada pembelajaran di SDN 1 Wonoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020.3) Pengaplikasian microsoft power point melalui in house training dapat meningkatkan perubahan perilaku yang menyertai kompetensi guru guru dalam proses pembelajaran di SDN 1 Wonoharjo tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam dua siklus. Desain dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap : 1) perencanaan tindakan perbaikan, 2) pelaksanaan tindakan dan observasi 3) refleksi.
Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes hasil belajar. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Data hasil tes hasil belajar dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan indikator kinerja, yakni 1) mencapai ketuntasan klasikal proses pembelajaran 86%, 2) memperoleh ketuntasan klasikal kompetensi guru 86% dari jumlah guru keseluruhan.,3)Perubahan perilaku guru mencapai 86%.
Penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil bahwa rerata Persentase proses pembelajaran rata-rata klasikal mengalami peningkatan pada pra siklus 42,86 %,siklus 1 71,43 % dan siklus II 95,24 %.Pelaksanaan pembelajaran lebih efektif dan kategori proses pembelajaran meningkat dari kategori sedang menjadi kategori baik.Kompetensi guru, ketuntasan pada prasiklus 42,86%, pada Siklus I guru yang tuntas menjadi 85,71% dan pada siklus II menjadi 85,71%. Perubahan perilaku guru pada prasiklus 38,10%, pada Siklus I guru yang tuntas menjadi 71,43%. pada siklus II menjadi 95,24%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebagaimana diuraikan di atas, kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut:1)Proses pelaksanaan in house training menggunakan aplikasi power point pada guru-guru di SDN I Wonoharjo lebih meningkat dan efektif. Persentase proses pembelajaran rata-rata klasikal mengalami peningkatan pada pra siklus 42,86 %,siklus 1 71,43 % dan siklus II 95,24 %.Pelaksanaan pembelajaran lebih efektif dan kategori proses pembelajaran meningkat dari kategori sedang menjadi kategori baik. 2)Ada peningkatan kompetensi guru mengaplikasikan power point setelah diberikan in house training pada guru-guru SDN I Wonoharjo tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan ini ditunjukkan dengan persentase ketuntasan pada prasiklus 42,86%, pada Siklus I guru yang tuntas menjadi 85,71% dan pada siklus II menjadi 85,71%. 3)Ada peningkatan perubahan perilaku yang menyertai peningkatan komptensi guru mengaplikasikan power point setelah diberikan in house training. Peningkatan ini ditunjukkan dengan persentase pada prasiklus 38,10%, pada Siklus I guru yang tuntas menjadi 71,43% dan pada siklus II menjadi 95,24%.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Dikdas Bantara if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Dikdas Bantara. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Dikdas Bantara. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Dikdas Bantara copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Dikdas Bantara endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.