PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL KARANGAN DESKRIPSI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CTL BERMUATAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.180Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan motivasi, hasil belajar dan perubahan nilai-nilai karakter dalam menulis karangan deskripsi pada peserta didik Kelas IV SD Negeri Sukoharjo 04 semester II tahun pelajaran 2016/2017 setelah penerapan strategi pembelajaran CTL bermuatan karakter. Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan yaitu bulan Januari 2017 sampai dengan bulan Juni 2017. Subjek dalam penelitian adalah motivasi dan hasil belajar menulis karangan deskripsi peserta didik Kelas IV SD Negeri Sukoharjo 04 yang terdiri atas 21 peserta didik yaitu 6 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian melalui strategi pembelajaran CTL bermuatan karakter dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dari kondisi awal ke siklus II dari kategori rendah menjadi tinggi. terdapat peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar sebanyak 37, ada perubahan perilaku peserta didik dari kondisi awal ke siklus II terjadi perubahan dari rata-rata nilai 1,52 kategori belum terlihat berubah menjadi nilai rata-ratanya 3,46 dalam kategori mulai berkembang terjadi perubahan 1,94 dan ada peningkatan nilai ketuntasan peserta didik dari 4 peserta didik (19%) meningkat menjadi 21 peserta didik (100%) bertambah 17 peserta didik (81%). Nilai rata-rata kelas dari 57,4 menjadi 76,43, meningkat 19,03.Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, CTL Bermuatan Karakter
Unduhan
Referensi
Abdullah, Ridwan Sani. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
Ahmadi,lif, Khiri. 2011. PAIKEM GEMBROT. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Anitah, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:Gava Media.
Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta :Gava Media.
Ismawati, Isti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta : Yama Pustaka
Keraf, Gorys. 1982. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.
Muslich, Mansur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan. Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Rohmadi,Muhammad.Subiyantoro Slamet. 2009. Bunga Rampai Model-model Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni. Surakarta:Yuma Pustaka
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
_______. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sunarto. 2012. Icebreaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta:Cakrawa Media.
Suparno. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Widiasworo, Erwin. 2017. Masalah-Masalah Peserta Didik Dalam Kelas dan Solusinya. Yogyakarta: Araska.
Widoyoko, E.P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.