MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BENTUK ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.183Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Bentuk Aljabar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 4Tawangsari semester I tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 4Tawangsari semester I tahun pelajaran 2016/ 2017 yang berjumah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 71,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ? 80%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Bentuk aljabar siswa kelas VIII A SMP Negeri 4Tawangsari. Sebelum tindakan/prasiklus,hasil belajar siswa yang mencapai KKM 11 siswa atau 42,30%, pada siklus I, 18 siawa atau 69,23% dan pada siklus II, 22 siswa atau 84,61%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 66,6 setelah tindakan siklus I sebesar 71,10 dan setelah tindakan siklus II sebesar 73,4Kata Kunci: Model pembelajaran make a match, hasil belajar
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.
Ayu Febriana. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang(Application Of Cooperative Learning Model Type Make A Match To Enhance Quality Of Learning Social). Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan DasarVol 1, No 2 (2011).
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Mikran Mikran, Marungkil Pasaribu, I Wayan Darmadi. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini pada Konsep Gerak. Jurnal Untad Vol 2, Bo 2 (2014).
Mustika Purnamasari, J. S. Sukardjo, Agung Nugroho C. S. 2013. Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Make A Match (MM) pada Materi Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan KimiaVol 2, No 1 (2013).
Nurlia Astika, Ngurah Ayu Nyoman M. 2012.Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A-Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian PembelajaranFisikaVol 3, No 2 (September2012).
Poerwodarminto.2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rudi Salam, Zunaira Zunaira, Risma Niswaty. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Membuat Dokumen Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (Mencari Pasangan).Jurnal Office Vol 2, No 2 (Juli-Sept 2012).
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.