KORELASI MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI
DOI:
https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.184Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas VI Semester II Sekolah Dasar Negeri Bugel 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Bugel 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 21 siawa, dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan statistik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada korelasi positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar hipotesis antara X dengan Y diketahui nilai rhit > rtabel dengan nilai 0,874 > 0.602 dan taraf signifikan kurang dari 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi signifikan antara motivasi belajar dengan nilai prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Namun masih banyak variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi nilai prestasi belajar.Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, IPS
Unduhan
Referensi
Abdurrahman, M. 1993. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Rineka Cipta dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Bahri, Syaiful Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.
Hamdani, 2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ngalim Purwanto. 1997. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Oemar Hamalik. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.
Poerwadarminta, W.J.S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.Purwanto, M. Ng. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rifa’i, Ahmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi aksara.
Sardirman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto.2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugihartono, dkk. 2011. Psikologi Pendidikan. Yogjakarta: UNY Press
Suyahman. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Surakarta: Usaha Mandiri.
Suprijono. 2010. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Uno, H. B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Tengker, V. S.G., dan Jenny M., 2007, Pengaruh Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), skripsi, Manado.
Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winkel. 1986. Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Zainal Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Islam
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.