IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN WAWASAN KEBANGSAAN DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Bq.Indana Zulfa Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Yayuk Hidayah Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
  • Meiwatizal Trihastuti STKIP Pasundan, Cimahi
  • Ernawati Simatupang Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i1.2183

Abstrak

Pembelajaran wawasan kebangsaan merupakan upaya dalam memelihara jati diri bangsa. Wawasan kebangsaan menjadi bagian tidak terpisahkan dari upaya dalam memelihara eksistensi bangsa dengan berlandaskan nilai-nilai luhur. Pembelajaran wawasan kebangsaan di Sekolah Dasar  di maksudkan sebagai upaya pengenalan jati diri bangsa sejak usia dini. Fokus  masalah dalam penelitian adalah bagaimana implementasi pembelajaran wawasan kebangsaan di SDN 193 Caringin Kota Bandung. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekaan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas VB, peserta didik kelas VB SDN 193 Caringin Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi.  Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, pengajian data dan penarikan kesimpulan.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran wawasan kebangsaan di SDN 193 Caringin Kota Bandung adalah terintergarsi dalam mata pelajaran Tematik pada muatan PPKn dan pengkondisian iklim kelas.  Kendala dalam implementasi pembelajaran wawasan kebangsaan di SDN 193 Caringin Kota Bandung yaitu keterbatasan waktu  dan lingkungan tempat bergaul peserta didik yang dapat melunturkan penanaman konsep wawasan kebangsaan. Implikasi dari hasil riset ini untuk pengembangan IPTEK yaitu dapat menambah wawasan mengenai wawasan kebangsaan di Sekolah Dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industri Kreatif. In Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA) di SekolahTinggi Desain Bali, Tanggal 22 Februari 2018 (hal. 1–8). Diambil dari https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/db7cc0c7f6477f8e3a4b9e813a75a1a2.pdf

Azimah, R., & Kurniaman, O. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Kelas Tinggi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Volume 3 Nomor 4 Juli 2019 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 DOI, 3, 934–947. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7567 .v

Budiawan, A. (2020). Refleksi 75 Tahun Merdeka: Penguasaan Sumber Daya Alam Masih Sebatas Mimpi. PajakOnline.com. Diambil dari https://www.pajakonline.com/refleksi-75-tahun-merdeka-penguasaan-sumber-daya-alam-masih-sebatas-mimpi/

Dasim, B. (2010). Tantangan Globalisasi Terhadap Pembinaan Wawasan Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 7–13.

Hidaya, Y., Sari, L. R., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2019). Analisis Kemampuan Resolusi Konflik Siswa Sekolah Dasar. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4(1).

Hidayah, Y., Suyitno, Retansari, L., & Ulfah, N. (2018). Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 329–344.

Kalin, I. (2011). Religion, unity and diversity. Philosophy & Social Criticism, 37(4), 471–478. https://doi.org/10.1177/0191453711399726

Karofi, U. A. (2015). National Unity: A Catalyst for Sustainable Democracy in Nigeria. Developing Country Studies, 5(8). Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/234682334.pdf

Lee Wei, C., Baharuddin, A., & Muhammad, A. (2013). National unity at the university level: Importance of civilisational dialogue and way forward. European Scientific Journal, 4, 173–186.

Milles & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Mohammad, N. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mulyasa, E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munirah. (2018). Prinsip-Prinsip Belajar Dan Pembelajaran (Perhatian dan Motivasi, Keaktifan, Keterlibatan Langsung, Pengulangan, Tantangan dan Perbedaan Individu). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol., 5(1), 116–125. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a10.2018 PRINSIP-PRINSIP

Nasution. (2007). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, M. A. (2012). Peranan Parpol dalam Pendidikan Politik dan Wawasan Kebangsaan. Jurnal POLITEIA, 4(1), 35–40.

Nel, E. (2014). Evolving regional and local economic development in New Zealand. Local Economy, 30(1), 67–77. https://doi.org/10.1177/0269094214564833

Nurdin & Usman. (2011). Implementasi Pembelajaran. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Poespowardojo, S. (2003). Dinamika Dan Implikasi Etis Wawasan Kebangsaan Dalam Menyongsong Hari Depan Indonesia. Jurnal Ketahanan Nasional, VIII(2). https://doi.org/10.22146/jkn.22974

Ruhimat, M. (2017). Peningkatan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Melalui Literasi Geografis. In Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (Vol. 1, hal. 78–82). Medan: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Suhady, I., & Sinaga, A. (2003). Wawasan Kebangsaan dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Sutarmi, Raharjo, T. J., Suwito, & Pramono, E. (2016). Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter sebagai Landasan Wawasan Kebangsaan di SMK Negeri 1 Kendal Kabupaten Kendal Sutarmi1. Journal of Educational Social Studies, 5(2), 136–144.

Tampubolon, A. (2016). Fashion Budaya Nasional dalam Konteks Wawasan Kebangsaan : Studi Kasus pada Jember Fashion Carnaval. Journal of Urban Society’s Art, 3(1), 19–26.

Wiyani, N. A. (2013). Manajemen Kelas. Yogjayakarta: Ar-ruz Media.

Wuryandani, W. (2014). Membangun Karakter Bangsa Melalui Penanaman Nilai Nasionalisme Untuk Anak Usia Dini. Jurusan PPSD, FIP, UNY, 1–37.

Wuryandani, W., Maftuh, B., Sapriya, & Dasim Budimansyah. (2014). Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Melalui Penciptaan Iklim Kelas Yang Kondusif Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 175–184. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2793

Yohana, R., & Zufriady. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Karyawisata Pada Siswa Kelas V SD Negeri 002 Kuok Kecamatan Kuok. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 2(November), 942–949.

Diterbitkan

2022-02-28

Terbitan

Bagian

Artikel